HETANEWS.com - Kabar bahagia datang dari kawasan konservasi harimau, Sanctuary Harimau Barumun di Kabupaten Padang Lawas, Sumut. Di lokasi ini, seekor induk harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) melahirkan 3 ekor anak.

PLT Kepala BBKSDA Sumut, Irzal Azhar, mengatakan, kelahiran 3 anak harimau Sumatera itu diperkirakan terjadi pada Minggu (23/1) lalu. Awalnya diketahui penjaga Sanctuary Harimau Barumun dari CCTV pemantau yang beroperasi 24 jam.

“Kemudian melaporkan kejadian in kepada Yayasan Parsamuhan Bodichita Mandala Medan (YPBMM) untuk selanjutnya diteruskan kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara,” ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat (4/2).

Dari hasil pengamatan BBKSDA Sumut, bayi harimau dalam kondisi sehat, tetapi belum dapat membuka mata. Pihaknya juga belum bisa mengetahui jenis kelamin ke tiganya.

“Belum bisa diidentifikasi disebabkan kesulitan mengamatinya dari jarak dekat, karena kandangnya yang luas dan ditutupi semak belukar,” kata Irzal.

3 anak harimau yang baru lahir di Sanctuary Harimau Barumun disusui induknya. Foto: BBKSDA Sumut

Menurut Irzal, kondisi kandang memang dibuat sedemikian rupa, agar menyerupai kondisi alam, dengan terdapat pepohonan, semak belukar, dan sumber air.

Irzal memastikan pihaknya akan terus memantau perkembangan ke-tiga anak Harimau tersebut melalui pengamatan CCTV.

Irzal juga menjelaskan, ini bukan kali pertama harimau Sumatera melahirkan di kawasan konservasi ini. Sebelumnya pada 8 Desember 2018, lahir 2 ekor anak harimau Sumatera.

“Keduanya berjenis kelamin jantan dan betina yang diberi nama penanda Surya Manggala dan Citra Kartini,” ujarnya

Saat ini kedua anak Harimau tersebut sudah berumur 3 tahun dan sedang disiapkan untuk dilepasliarkan ke alam.

Sumber: kumparan.com