Hetanews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima pengembalian uang Rp 647.850.000 dari mantan pramugari Siwi Widi Purwanti. Uang itu terkait dengan pencucian uang bekas pegawai Direktorat Jenderal Pajak, Wawan Ridwan.

"Dari informasi yang kami terima, saksi Siwi Widi telah mengembalikan seluruh uang yang diduga dinikmatinya sebagaimana uraian surat dakwaan JPU (Jaksa Penuntut Umum) terkait dengan perkara yang sedang tahap pemeriksaan di persidangan ini," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Rabu (2/2/2022).

Pihaknya mengapresiasi sikap kooperatif itu dan berharap Siwi Widi dapat hadir di persidangan untuk memberikan keterangan.

"Namun demikian untuk menjadi lebih jelas dan terangnya perbuatan terdakwa (Wawan Ridwan), tentu kami berharap saksi akan kooperatif hadir ketika keterangannya dibutuhkan di hadapan Majelis Hakim," katanya.

Sebelumnya, dua mantan pemeriksa pajak Wawan Ridwan dan Alfred Simanjuntak didakwa menerima suap dan gratifikasi.

Selain itu, Wawan dan anaknya Muhammad Farsha Kautsar didakwa melakukan tindak pidana pencucian uang.

Uang yang diduga dari tindak pidana itu berasal dari uang suap serta gratifikasi Rp 1.036.250.000, 71.250 dolar Singapura, dan uang setara Rp 625 juta dalam bentuk dolar AS serta dari wajib pajak lainnya sejumlah Rp 6.446.847.500.

Siwi Widi diketahui adalah eks pramugari Garuda Indonesia yang pernah viral pada 2020.

JPU KPK M Asri Irwan membenarkan bahwa Siwi Widi dalam surat dakwaan adalah mantan pramugari Garuda Indonesia.

Ia juga mengatakan Siwi Widi dan sejumlah saksi lain akan dipanggil dalam sidang.

sumber: suara.com