PARAPAT, HETANEWS.com - Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Polisi Drs RZ Panca Putra Simanjuntak mengumpulkan seluruh Kapolres dan sejumlah Kapolsek di kawasan Danau Toba .

Hal itu dilakukan guna membahas jaminan keamanan bagi wisatawan di Niagara Hotel, Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun.

Dalam pertemuan bertajuk Focus Grup Discussions (FGD) dibahas pembentukan satuan kepolisian kawasan pariwisata (destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba).

Kapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan, polisi mendukung penuh Danau Toba menjadi destinasi pariwisata super prioritas nasional. Untuk menjamin keamanan wisatawan akan dibentuk satuan kepolisian kawasan pariwisata destinasi Danau Toba.

"Danau Toba sebagai destinasi pariwisata super prioritas merupakan program presiden Jokowi yang sangat mengharapkan bisa menjadi daerah tujuan wisata internasional, sehingga masalah keamanan harus menjadi nomor satu,karema jika tidak aman wisatawan tidak akan mau datang", ujar Panca.

Jendral bintang dua itu menambahkan, masalah keamanan juga harus disinergikan dengan ketersediaan fasilitas rumah sakit, kemudahan akses untuk datang ke lokasi wisata sehingga dunia internasional dapat melihat dan mengetahui Danau Toba.

Karena itu kata Panca, Poldasu sudah menyiapkan Polairud, polisi pariwisata, Brimob, polisi berkuda, dan akan dilengkapi dengan satu unit helikopter di kawasan Danau Toba.

Jajaran kepolisian di wilayah Poldasu juga diharapkan Panca untuk melaksanakan perintah Kapolri menyiapkan rencana yang untuk mewujudkan jaminan keamanan dilokasi destinasi wisata super prioritas.

"Delapan Kabupaten dan Polres di kawasan Danau Toba harus terintegrasi, dalam sistem keamanan yang terpadu guna menjamin keamanan para wisatawan yang datang berkunjung," pungkas Panca

Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto menambahkan pihaknya siap menjamin rasa aman bagi wisatawan di kawasan Danau Toba khususnya di wilayah kabupaten Simalungun.

Sumber: sindonews.com