SUMUT, hetanews.com - Badan Pelaksana Otorita Danau Toba ( BPODT) mengadakan _road show_ ke Dinas Pariwisata se-Kawasan Danau Toba. _Road show_ dipimpin oleh Direktur Pemasaran Pariwisata, Wahyu Dito Galih Indharto. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memantapkan kolaborasi dengan Dinas Pariwisata di Kawasan Danau Toba sekaligus menjalankan arahan _Geber_ (gerak bersama) dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Direktur Pemasaran Pariwisata bersama jajarannya melakukan perjalanan ke Kawasan Danau Toba dengan melakukan kunjungan kedelapan dinas pariwisata di wilayah koordinatif, yaitu; Dispar Simalungun, Dispar Toba, Dispar Humbahas, Dispar Taput, Dispar Dairi, Dispar Pakpak Bharat, Dispar Samosir dan Dispar Karo. 

Direktur Pemasaran Pariwisata menyampaikan beberapa hal sebagai bahan diskusi, antara lain: daftar usulan event dari Dinas Pariwisata di Kawasan Danau Toba, daftar usulan event dari komunitas, atraksi budaya yang khas dari setiap kabupaten. Permintaan terhadap atraksi budaya ini sebagai tindak lanjut dari pertemuan yang dilakukan oleh Direktur Even Daerah Kemenparekraf/Baparekraf serta Teknis pengembangan statistika pemasaran pariwisata Danau Toba yang meliputi jumlah kunjungan wisman dan wisnus, lama tinggal dan pengeluaran wisatawan.

Dalam pertemuan tersebut, Direktur Pemasaran Pariwisata menyambut baik usulan dari dinas pariwisata dan komunitas untuk selanjutnya akan dikurasi dan menjadi bagian dari _Calendar of Event_ pariwisata Danau Toba.

Adapun atraksi budaya khas dari setiap Kabupaten di Kawasan Danau Toba diharapkan akan menjadi atraksi yang menarik dan unik serta dapat ditampilkan di beberapa titik destinasi wisata di Kawasan Danau Toba. Terkait pengembangan statistika, pada umumnya Dinas Pariwisata se-Kawasan Danau Toba mengaku masih melakukannya secara manual yang diperoleh dari daftar kunjungan setiap destinasi wisata yang ada di kabupaten masing-masing. Sedangkan mengenai lama tinggal dan pengeluaran wisatawan, beberapa dinas menyampaikan bahwa belum ada pendataan terkait hal dimaksud. Kedepan, pihak dinas menyampaikan harapannya agar penghitungan statistika ini dapat dilakukan melalui aplikasi bersama.

Kunjungan yang dilaksanakan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba melalui Direktorat Pemasaran Pariwisata disambut baik seluruh dinas Pariwisata se-Kawasan Danau Toba. Mereka berharap agar BPODT dapat mendukung event-event yang diusulkan.

Dalam penutupnya, Direktur Pemasaran BPODT mengajak agar seluruh dinas pariwisata dan komunitas tetap adaptif, inovatif, dan kolaboratif untuk meningkatkan kunjungan wisata di setiap kabupaten dengan tetap berpedoman kepada protokol kesehatan karena pandemik covid-19 belum berakhir.