SIANTAR, HETANEWS.com - Terpidana kasus korupsi proyek pembangunan pasar Tozai tahun 2002, Jhonson Tambunan, ditangkap Kejati Sumut di salah satu rumah kos di kelurahan Sukasari, Kota Bandung, Rabu 26 Januari 2022 malam 

Jhonson dinyatakan telah pensiun dari jabatan terakhirnya sebagai Sekretaris Dinas Tenaga Kerja [Disnaker] kota Siantar pada tahun 2021.

“Masa kerjanya sebagai ASN sampai dengan Oktober 2021,” kata Pelaksana tugas Kepala BKD Siantar, Heryanto Siddik dikonfirmasi wartawan melalui pesan, Kamis (27/1/2022).

BKD Siantar telah menerima putusan Mahkamah Agung RI pada Juni 2021. 

Saat ini uang pensiun Jhonson dibekukan karena statusnya sebagai terpidana, dengan hukuman 1 tahun penjara sesuai dengan putusan MA RI tertanggal 23 Desember 2004.

Siddik menjelaskan, uang pensiun bekas pejabat Pemko Siantar itu telah dibatalkan dan saat ini dalam proses pemberhentian tidak hormat sebagai ASN.

“Untuk hak pensiunnya telah dibatalkan dengan SK Wali Kota Nomor 800/695/XII/WK-THN 2021 dan saat ini sedang proses eksaminasi untuk penerbitan keputusan pemberhentian tidak dengan hormat beliau sebagai ASN,” kata Siddik dalam keterangan tertulis.

Kasus korupsi yang dilaporkan

Meski berstatus terpidana sejak 2004, Jhonson aktif sebagai pejabat pemerintahan. Ia dipercaya menjabat Pelaksana tugas Kepala Dinas PUPR Siantar.

Tambunan dihunjuk sebagai Plt menggantikan Kadis Bina Marga (sekarang PUPR) Rufinus Simanjuntak yang memasuki purna tugas 31 Maret 2016. Jhonson tercatat pelaksana tugas terlama di lingkungan Pemko Siantar.

Menjabat Pelaksana tugas PUPR, Jhonson pernah dilaporkan atas dugaan korupsi sejumlah proyek. Diantaranya proyek peningkatan saluran sekunder oleh Dinas PUPR TA 2016 di Bahkora II senilai Rp.3,2 M, di Simarimbun senilai Rp.1,4 M dan di Tambun Barat, senilai Rp.984 M.

Kemudian pembangunan Tugu Raja Sang Naualuh yang dibangun di Lapangan H. Adam Malik oleh Dinas PUPR selaku pengguna anggaran ditemukan pemborosan anggaran sebesar Rp. 913.829.702,68.

Jhonson juga diketahui memberi rekomendasi pendirian pemukiman di atas kawasan lahan pertanian hortikultura.

Pada 6 Januari 2020 Jhonson dilantik Sekretaris Disnaker Siantar. Sejak itu namanya mulai sepi dari sorotan media, begitu dengan dugaan korupsi yang dilaporkan oleh LSM.

Baca juga: Pasca Buron, Jhonson Tambunan Eks Kadis PU Siantar Ditangkap Di Bandung