SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Unsur pimpinan DPRD Simalungun menjadwalkan rapat badan musyawarah [Banmus] untuk menentukan jadwal sidang paripurna tentang pengajuan hak interpelasi oleh 17 anggota DPRD Simalungun.

Wakil Ketua DPRD Simalungun Sastra Joyo Sirait kepada wartawan di DPRD Simalungun, Senin (24/1/2022) mengatakan, pihaknya sebelumnya telah menggelar rapat pimpinan.

Rapat itu dihadiri masing masing ketua fraksi dan wakil ketua DPRD. Adapun hasil rapat pimpinan diputuskan Banmus akan digelar Senin 31 Januari 2022 mendatang

Ia menjelaskan, setelah rapat Banmus akan digelar rapat paripurna untuk mendengarkan keterangan dari Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Berdasarkan tatib DPRD, persetujuan paripurna diputuskan apabila dihadiri setengah tambah 1 dari jumlah anggota DPRD Simalungun.

“Hak interpelasi itu adalah hak legislasi untuk meminta penjelasan langsung dari Bupati Simalungun. Jadi kita tunggu saja nantinya seperti apa penjelasan Bupati terhadap 4 poin yang menjadi pertanyaan anggota,” kata Sastra kepada wartawan usai rapat pimpinan.

Baca juga: 'Tenaga Ahli Bupati Sering Kami Jumpai Ikut Rapat Dengan OPD'

Hak interpelasi

Hak interpelasi adalah hak DPR untuk meminta keterangan kepada kepala daerah mengenai kebijakan yang penting dan strategis serta berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Adapun pengajuan hak interpelasi sebelumnya sudah diserahkan secara tertulis ke sekretariat DPRD Simalungun 18 Januari 2022 .

Dalam surat terdapat 17 nama Anggota DPRD Simalungun dari Fraksi PDIP, Gerindra, Fraksi NasDem dan Fraksi Demokrat telah membubuhkan tanda tangan.

Adapun 4 poin pengajuan hak interpelasi diantaranya pengangkatan Tenaga Ahli oleh Bupati Simalungun, kebijakan Bupati Radiapoh soal pemberhentian 18 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP).

Kemudian melantik 22 JPTP serta 58 pejabat fungsional diantaranya Camat dan sekretaris Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pelantikan Sekretaris Daerah, Esron Sinaga.

Baca juga: Hak Interpelasi 17 Anggota DPRD Murni Untuk Simalungun