SIANTAR, HETANEWS.com - Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan memastikan percepatan penyaluran minyak goreng kemasan dengan harga Rp 14.000 per liter. 

Adapun 20.000 liter minyak goreng kemasan akan disalurkan oleh pemerintah bekerjasama dengan  perusahaan INL [Industri Nabati Lestari] di KEK Sei Mangkei.

Pelaksana tugas Kepada Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan, Elpina Turnip mengemukakan, 20.000 liter minyak goreng akan disalurkan di Kota Siantar.

Namun begitu pihaknya masih akan berkoordinasi sebelum menentukan waktu penyaluran minyak goreng kemasan tersebut. 

"Kemarin stok di pasaran terjual habis, jadi untuk itu kami mempercepat penyaluran minyak, sementara mereka (perusahaan) masih menunggu perintah dari pusat, kalau kami sudah siap," kata Elpina kepada wartawan di kompleks SMA Negeri 6 Siantar, Kamis (20/1/2022).

Sesuai dengan hasil monitoring, pihaknya tidak menemukan gejolakan pembelian atau panic buying. 

Sebab kata dia, supermarket maupun pasar modern menerapkan aturan pembelian, yakni satu orang untuk 1 atau 2 liter minyak kemasan.

Di lain tempat, Suzuya, salah satu swalayan di Jalan Sutomo Kota Pematangsiantar baru memberlakukan penjualan minyak goreng kemasan 1 liter seharga Rp 14.000 dan kemasan 2 liter Rp 28.000 dari berbagai jenis merek.

"Baru hari ini penjualannya," ucap security Suzuya, Irfan Nasution.

Pantauan di lokasi, sejumlah warga khususnya  ibu ibu satu persatu mulai membelanjakan minyak goreng kemasan selain belanja kebutuhan lainnya.

Baca juga: Guru dan Pegawai Sekolah di Siantar Ikuti Vaksin Booster