SIMALUNGUN, HETANEWS.com - PT Suri Tani Pemuka (STP) menyerahkan 23 buah tenda bagi UMKM di kawasan Danau Toba.

Penyerahan tenda melalui Camat Girsang Sipangan Bolon, Maruwandi Yosua Simaibang dimulai Desember 2021.

Selain Parapat, PT STP juga menyerahkan tenda di kawasan Danau Toba di area Batu Lihi dan Pelabuhan Tigaras, Jumat 14 Januari 2021. 

Deputy Head of Tilapia Operation Imam Santoso mengatakan, pihaknya terus berkomitmen mendorong pengembangan UMKM lokal di kawasan Danau Toba.

"UMKM lokal terus kami gencarkan. Kali ini, kami bekerjasama dengan dinas setempat berusaha menyediakan ruang bagi UMKM mempromosikan produk mereka, untuk menjangkau konsumen yang lebih luas,” kata Imam.

Ia mengatakan, potensi UMKM perlu digali dan dikembangkan untuk menjadi sumber pendapatan bagi warga, sekaligus sebagai media promosi produk yang lekat dengan ciri khas Danau Toba. 

Kedepan pihaknya akan ikut membantu mempromosikan berbagai produk kerajinan tangan dan kuliner akan mengisi tenda-tenda yang difasilitasi oleh STP.

Antara lain 3 unit tenda ditempatkan di kawasan Open Stage Parapat, 10 unit diserahkan untuk digunakan di Parapat, 3 unit di Pelabuhan Tigaras, 4 unit di Batu Lihi dan 3 unit di Bukit Indah Simarjarunjung. 

Adapun lokasi-lokasi tersebut merupakan titik yang dicanangkan sebagai kawasan wisata.

“UMKM merupakan salah satu pendongkrak ekonomi daerah, terlebih dimasa pandemi seperti ini. Perlahan tapi pasti, STP ingin turut serta dalam mendorong keberhasilan UMKM lokal, agar dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat Simalungun,” lanjut Imam. 

 Yosua Maruwandi Simaibang mengapresiasi upaya PT STP dalam membantu UMKM di Simalungun. Ia mengatakan hal itu sebagai bentuk dukungan kepada destinasi pariwisata Danau Toba.

"Kita apresiasi Dukungan PT STP yang terus menerus membantu masyarakat khususnya bidang Pariwisata dan UMKM di Kabupaten Simalungun semoga membawa dampak menuju kesejahteraan rakyat," kata Yosua.

Penggiat UMKM di Parapat Boru Situmorang berharap bantuan yang diserahkan PT STP dapat berdampak positif bagi pengusaha UMKM.

“Semoga STP semakin maju dan sukses agar bisa membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah,"ungkapnya.

PT STP sebelumnya menginisiasi Program Pembinaan UMKM TOBA TILAPIA untuk anggota PKK di Simalungun. 

Program ini merupakan bagian dari pengembangan masyarakat yang memanfaatkan ikan nila untuk dijadikan kerupuk kulit yang bernilai ekonomi.