Banten, hetanews.com - Gempa susulan masih terjadi di sejumlah wilayah di Banten. BMKG melaporkan gempa susulan berkekuatan 4,7 magnitudo terjadi pada Sabtu (15/1) pukul 09.29 WIB.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menjelaskan pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 21 kilometer, posisinya 48 kilometer barat daya Sumur, Pandeglang, Banten.

"Lagi, gempa susulan signifikan: 15 Januari 2022 pukul 09:29:38 WIB, Magnitudo 4,7. Episenter di laut 48 kilometer barat daya Sumur, kedalaman 21 kilometer," jelas Daryono dalam keterangannya.

Daryono menyebut getaran gempa dirasakan di sejumlah wilayah dengan intensitas III MMI, artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

"Dirasakan di Sumur, Panggarangan, Cibeber, Malingping, Bayah, Cihara, Muarabinuangeun, Cigemblong, Panimbang, Sobang, dan Labuan dengan Intensitas III MMI," rincinya.

Gempa utama pada wilayah ini terjadi pada Jumat (14/1) petang, dengan kekuatan 6,6 magnitudo. Guncangan gempa ini terasa hingga wilayah Jabodetabek. Dilaporkan 20 rumah di Pandeglang rusak akibat guncangan gempa.

sumber: kumparan.com