HETANEWS.com - Klub raksasa Liga Spanyol, Real Madrid, agaknya punya ‘koneksi’ spesial dengan kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 1. Secara geografis, Spanyol dan Indonesia memang terletak di dua benua berbeda.

Untuk mencapai Madrid dari Jakarta, maupun sebaliknya, pun membutuhkan waktu sekitar 17 sampai 19 jam lewat perjalanan udara.

Meski begitu, jika bicara tentang sepak bola, Spanyol pernah jadi tempat singgah sejumlah pemain yang nantinya berlabuh ke Indonesia. Sebut saja Michael Essien.

Seperti diketahui, sosok yang satu ini telah dikenal luas sebagai legenda Chelsea, yang telah mengabdikan dan mendedikasikan sembilan tahun hidupnya untuk klub asal London tersebut.

Namun di tengah masa-masanya bersama The Blues, Michael Essien sempat berseragam Real Madrid saat dilepas sebagai pemain pinjaman pada tahun 2012.

Tidak lama-lama, ia dipinjamkan selama kurang lebih satu musim dan bereuni dengan mantan pelatihnya, Jose Mourinho. Di Spanyol, sepak terjang Michael Essien memang tidak terlalu mentereng. Bahkan, ia sempat merasakan pahitnya ‘dicuekin’ oleh rekan-rekannya di Real Madrid.

Pasalnya, suatu hari ia mengundang seluruh skuat ke pesta ulang tahunnya namun hanya dua orang yang datang. Kisah miris ini tertuang dalam buku Jose Mourinho: Up Close and Personal yang dikisahkan oleh Rob Beasley.

"Mourinho mengatakan Madrid adalah klub politik dengan faksi-faksi yang bertikai dan menceritakan kisah tentang Essien yang mengundang rekan satu timnya ke ulang tahunnya yang ke-30 tetapi hanya beberapa yang muncul, "Dia harus menghibur Essien, mengatakan itu bukan masalah pribadi dan bukan berarti para pemain tidak menyukainya, tetapi mereka hanya peduli dengan diri sendiri dan memiliki hal-hal yang lebih penting untuk dilakukan,” ucapnya per Marca.

Lantas siapa dua pemain yang datang ke pesta ulang tahun Michael Essien? Mereka yang berbaik hati tersebut adalah Luka Modric dan Ricardo Carvalho.

Beberapa mantan pemain Real Madrid diketahui pernah merumput di Liga 1.
© Lars Baron - FIFA/FIFA via Getty Images

Real Madrid 'Batu Loncatan' ke Liga 1

Tercatat sebagai mantan pemain Real Madrid, Michael Essien juga menambahkan klub Indonesia, Persib, ke CV karier sepak bolanya. Ia bergabung pada 2017 lalu dan menjajal kompetisi Liga 1. Namun sayang, kisahnya bersama Maung Bandung berakhir cepat.

Ia dilepas pada 2018 karena tidak masuk skema Mario Gomez untuk mengarungi lanjutan Liga 1. Michael Essien tentu bukan satu-satunya jebolan Real Madrid yang bermain di liga sepak bola Indonesia.

Julien Faubert juga punya nasib kurang lebih serupa. Ia pun sempat berseragam Real Madrid sebagai pemain pinjaman pada 2009 dan hanya tampil sebanyak dua kali untuk raksasa Spanyol ini.

Bahkan, hari-hari Julian Faubert bersama Los Blancos juga diwarnai sebuah kisah konyol. Suatu hari, ia pernah melewatkan sesi latihan tim karena mengira waktu itu adalah hari liburnya.

Setelah Real Madrid, Julien Faubert mengembara ke sejumlah klub di berbagai penjuru dunia sebelum merapat ke Borneo FC. Bersama Pesut Etam, ia menjadi bagian tim yang berpartisipasi di kompetisi Liga 1 2018.

Akan tetapi, masa-masanya di Indonesia harus berakhir setelah beberapa bulan saja. Kemudian, ada Eero Pekka Sakari Markkanen, pesepak bola yang memiliki ayah dan saudara laki-laki yang berkecimpung sebagai atlet basket.

Pemain asal Finlandia ini pernah merumput di Real Madrid pada 2014-2015. Sayangnya, tidak banyak kisah yang bisa Eero Pekka Sakari Markkanen ceritakan kepada anak-cucunya tentang masa-masa membela Real Madrid.

Bahkan, saat bermain untuk tim castilla, ia membuang banyak waktu akibat cedera. Sama halnya ketika bermain untuk PSM Makassar di Liga 1 pada 2019, pemain yang satu ini tidak bicara banyak di kompetisi sepak bola Indonesia.

Dari kisah Michael Essien, Julien Faubert, dan Eero Pekka Sakari Markkanen, yang pernah bermain untuk Real Madrid untuk kemudian menjejakkan kaki di Liga 1, jadi sebuah koneksi menarik yang layak dinanti kelanjutannya.

Apakah sebuah klub top Liga Spanyol seperti Real Madrid akan ‘mengirim’ kembali mantan pemain mereka untuk merumput di Indonesia?

Tentu tidak ada yang tidak mungkin, apalagi saat ini publik sedang digegerkan dengan kabar Mesut Ozil merapat ke RANS Cilegon FC, yang notabene baru saja promosi ke Liga 1.

Jika benar-benar terwujud, terlepas dari urusan rupiah, kedatangan pemain yang pernah membela Real Madrid selama periode 2010-2013 itu tentunya bakal membawa euforia yang luar biasa bagi sepak bola Indonesia.

Kini para penggemar sepak bola di Tanah Air tengah menanti kapan mantan pemain Arsenal tersebut akan merapat, mengingat pihak Raffi Ahmad kabarnya sudah makin dekat memboyong Mesut Ozil yang tertarik main di Liga 1.

Sumber: indosports.com