SIANTAR, HETANEWS.com - Sebanyak 300 orang warga binan permasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Pematangsiantar mengikuti vaksinasi.

Vaksinasi yang dilakukan pada awal tahun 2022 sudah mencapai 95 persen, baik dosis pertama maupun dosis kedua.

Kalapas Kelas IIA Siantar Rudy Fernando Sianturi mengatakan sekitar 1.750 WBP telah divaksin dosis pertama maupun dosis kedua.

"Jadi kita beharap seluruh WBP akan mendapatkan vaksinasi. Hal ini adalah salah satu langkah penyebaran virus covid-19 maupun varian virus baru omicron di Lapas Kelas IIA Siantar," katanya, Kamis (13/1/2022).

Selain vaksinasi, pihaknya juga menyemprotkan desinfektan di kamar dan jeruji penjara dan kemudian membagikan masker, vitamin kepada WBP.

Sedangkan untuk tahanan baru yang akan dititipkan, Rudy menyatakan akan melakukan pemeriksaan rapid test terlebih dahulu dan isolasi mandiri selama 14 hari diruang kamar isolasi, sebelum berbaur dengan WBP lainnya.

"Bahkan sampai hari ini, kita meniadakan layanan kunjungan di seluruh Lapas di indonesia dan hanya melakukan pelayanan penitipan barang dan makanan," ujarnya.

Pihaknya pun berterimakasih kepada Polres Simalungun dan team BIDOKES sebagai vaksinator yang sudah memberikan kesempatan kepada WBP untuk mendapatkan Vaksinasi.

"Dan untuk mencapai terbentuknya Imunitas tinggi (herd Immunity) di Indonesia khususnya untuk Masyarakat rentan (WBP) di Lapas Kelas IIA Pematangsiantar baik petugas dan keluarga petugas," tutupnya.