Jakarta, hetanews.com - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memaparkan hasil kerja Polri sepanjang tahun 2021. Korps Bhayangkara telah melakukan banyak gebrakan, mulai dari menangani pandemi Covid-19 hingga merekrut mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Polri juga membuat kebijakan untuk memperbaiki sarana dan prasarana bagi masyarakat kelompok rentan dan berkebutuhan khusus (disabilitas). Perbaikan dilakukan pada 1.975 unit ruang ramah anak, 2.582 unit jalur khusus disabilitas, 1.616 unit toilet khusus disabilitas, 2.604 unit tenda khusus disabilitas, 2.028 unit parkir khusus disabilitas, 2.384 unit kursi roda, 1.250 unit elevator handrail, dan 236 unit ruang laktasi.

Dalam membantu penanganan Covid-19, Polri telah merekrut 451 tenaga kesehatan yang bakal ditempatkan di beberapa titik fasilitas kesehatan. Rinciannya, siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) khusus Dokter berjumlah 201 orang dan 250 orang siswa bintara kompetensi khusus (Bakomsus) perawat dan bidan.

Selanjutnya, Polri telah mengungkap kasus investasi ilegal PT Hanson Internasional dan Koperasi Hanson Mitra Utama dengan kerugian nasabah Rp6,2 triliun. Sebanyak 10 tersangka diamankan dalam kasus ini.

Satgas Saber Pungli bentukan Polri juga sukses melakukan operasi tangkap tangan (OTT) dan mengamankan barang bukti Rp325 miliar.

Dengan banyaknya jumlah kasus yang diungkap, Polri pun mencatat terjadi peningkatan dalam penyelesaian masalah atau kasus sebesar 6,1 persen. Lalu, penegakan hukum menurun sebesar 19,3 persen atau 53.360 perkara dibanding tahun 2020 sebanyak 275.903 perkara.

Polri ini juga merekrut 43 mantan pegawai KPK menjadi ASN Polri. Hal itu dilakukan sebagai upaya perkuatan penanganan tindak pidana korupsi.

Selain itu, Sigit melakukan perekrutan terhadap bibit-bibit sumber daya manusia (SDM) melalui program rekrutmen proaktif 2021. Rekrutmen dilakukan terhadap 83 santri.

Tak hanya itu, Polri juga melakukan terobosan dan inovasi untuk menghadapi tantangan di era Revolusi 4.0 dan society 5.0, yakni dengan merekrut 1.291 orang Bintara Kompetensi Khusus Teknologi Informasi.

Dengan adanya sejumlah kasus yang diungkap serta penanganan pandemi Covid-19, Sigit mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh personel Polri yang telah bekerja keras selama tahun 2021.

Sigit pun menegaskan, pihaknya bakal berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan di tubuh Polri. Mereka menerima masukan dari tim survei yang belakangan menunjukkan kepuasan masyarakat terhadap Polri.

"Mendengarkan masukan-masukan dari rekan tim survei dan rekan lain sehingga semakin hari kami tentunya berkomitmen membawa institusi ini menjadi institusi modern, terbuka, dan mau keluar jadi zona nyaman," kata Sigit.

sumber: merdeka.com