BEIJING, HETANEWS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mitranya dari China Xi Jinping berbicara melalui sambungan telepon, Selasa (11/1/2022). Pada kesempatan itu, Xi menegaskan kembali dukungan China terhadap Indonesia dalam memerangi Covid-19.

Xi mengatakan, kedua negara perlu membangun kerja sama di bidang kesehatan. Oleh karena itu, China akan terus membantu Indonesia untuk menjadi pusat produksi vaksin Covid-19 di ASEAN.

China, kata dia, juga akan memperdalam kerja sama dengan Indonesia di seluruh rantai industri terkait produksi vaksin serta penelitian dan pengembangan obat.

Sejak tahun lalu hubungan China-Indonesia terkait penanganan Covid-19 mengalami kemajuan. Kedua negara juga membangun paradigma baru kerja sama dengan menggelar dialog dan mekanisme kerja sama tingkat tinggi.

China dan Indonesia, lanjut dia, memiliki tujuan yang sama dalam mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan bagi rakyat. Xi menegaskan, kunci untuk mencapai tujuan tersebut adalah menyelesaikan semua hal dengan baik.

Dia juga mendorong kedua pihak untuk menyelaraskan Belt and Road Initiative (BRI) dengan rencana pembangunan masing-masing negara, mempromosikan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung berkualitas tinggi, dan mendorong area-area pertumbuhan baru seperti energi, ekonomi digital, dan kerja sama maritim.

"China akan secara aktif berpartisipasi habis-habisan berupaya dalam segala hal yang dapat membantu mendorong pembangunan Indonesia dan memperdalam kerja sama China-Indonesia," kata Xi, dikutip dari China Daily, Rabu (12/1/2022).

Lebih lanjut Xi menghargai peran Indonesia di kancah regional maupun internasional. Xi mengatakan, China bersedia bekerja sama dengan Indonesia untuk mempromosikan pemulihan ekonomi di kawasan serta menjaga perdamaian dan stabilitas.

Sementara itu Jokowi mengatakan, kedua negara meraih pencapaian luar biasa dalam kesehatan dan kerja sama publik sejak 2021. Menurut Jokowi, 80 persen vaksin Covid-19 berasal dari China.

Jokowi melanjutkan, hubungan baik antara Indonesia dan China didasarkan pada saling menghormati dan kerja sama saling menguntungkan. Tak lupa Jokowi mendoakan kesuksesan Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade Beijing yang akan digelar bulan depan.

Tahun ini, China akan memimpin BRICS, negara dengan kekuatan ekonomi besar terdiri atas Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, sementara Indonesia memimpin G20.

Sumber: inews.id