Siantar, hetanews.com - Toko Roti Ganda Siantar, menuai kritikan pedas hingga hujatan setelah membaca berita di hetanews.com yang berjudul ‘Pelanggan Maki Karyawan Toko Roti Ganda Karena Acuh dan Sombong Waktu Melayani pada Senin (15/6/2015) kemarin. Selama dua hari sejak pemberitaan tersebut, ada sekitar 36 ribu lebih yang melihat dan 41 orang yang berkomentar.

Banyak diantaranya, mengutuk bahkan mengajak masyarakat agar tidak membeli lagi di toko roti tersebut. Diantaranya, pemilik akun Ogah Boccel yang mengutuk agar toko tersebut tutup. "Terkutuklah roti ganda itu... smoga bangkrut dia agar karyawannya semua di phk. Mampus situ...," tulis akun tersebut.

"Setuju!!! jgn lagi beli disitu,biar tau rasa..biar bangkrut krn udh puluhan tahun slalu begitu toko roti itu..msh byk yg lain sekitar situ yg enak," tulis akun lain, Tengku Dewi.

"Setuju banget, jangan karena roti ganda laris manis pelayannya jadi sombong. ga akan bertahan lama roti ganda tanpa pelayanan yang baik," tulis akun Devi Yuni Anjelia Hutabarat.

Ada juga yang menyarankan agar pihak manajemen memberikan pelatihan kepada karyawannya mengingat persaingan dagang semakin tinggi.

Sedangkan akun Paris Anaksingkong berkomentar bahwa toko roti yang sudah berpengalaman selalu menganggap biasa setiap ada masalah dan keluhan dari pembeli. Ia juga mengatakan, bahwa pemilik lebih mengutamakan keuntungan daripada kualitas produk dan pelayanan. Ia berharap agar pemilik toko, dapat memperbaiki kualitas produk dan pelayanannya.

"Untuk para pekerja, pembeli itu adalah raja. Tau dirilah... Untuk para pembeli, masi mau beli di sana? Terserah anda. Kan anda raja... Hehehehe...," tulis akun itu.

Meski begitu, ada juga beberapa akun yang membela pihak toko roti, seperti Malemna Tarigan. "Coba dulu yg koment jadi pelayan, enak mana jadi pelayan atau yg dilayani , kenapa memilih di Ganda? selain murah, sdh pasti baru terus , barangkali pegawai perlu diberi pelatihan bagaimana melayani dengan hati , meskipun lelah , masih mampu tersenyum, karena bersyukur atas pekerjaan yang boleh membuat orang senang , pembeli jangan juga jadi sombong karena anda raja dan punya uang ,salam damai!!!," tulisnya.

Sedangkan, Akun Andy Lie berpendapat agar masyarakat bisa mengerti dengan kondisi para karyawan yang bekerja sejak pagi hingga malam. "pst stiap org tuh ada capek nya,kalo kelen rasa kelen ga sanggup antri dsana, cari lah toko lain,ndak usa pake emosi segala,toh ndak ada yg nodong kelen pake pisau tuk belanja disana, trus apa beda nya kelen sama karyawan dsana kalo kelen maki-maki? Kelen lebih rendah dr pada mereka...sungguh bodoh manusia yg mudah sekali terpancing emosi nya...dan aneh nya kelen sampe ngutukin rezeki org agar tumpur,sungguh comment dan doa yg ndak baik...haiyaaaaaa...hati2 smua ucapan tuh berbalik kepada diri atau rezeki Anda sndiri nanti nya lohh," tulisnya.

Kemudian, akun Kikin Ramadhan menyarankan agar Toko Roti Ganda yang dianggap sudah sangat terkenal, bahkan sampai luar Sumut, agar berbenah dan bisa memberikan pelayanan yang baik. Apalagi, katanya Kota Siantar sudah identik dengan roti ganda. Meskipun kualitas dan rasanya masih kurang, menurut akun tersebut, roti ganda sudah memiliki nama dan menjadi salah satu oleh-oleh favorit dari Kota Siantar.

Masih banyak lagi komentar pedas yang ditujukan kepada Toko Roti Ganda. Hingga saat ini, komentar terakhir dilayangkan akun Christine Octo Veronica yang menilai bahwa sikap acuh karyawan tersebut kemungkinan karena karyawan yang letih. “Hehehehehe.. ya mungkin pelayannya lagi capek.." tulisnya.

Namun, menurut informasi yang didapat, bahwa kedua pelayan penyebab pelanggan marah dan kesal akhirnya telah dipecat oleh pemilik roti ganda. Hal ini dilakukan sebagai peringatan kepada pelayan lain agar lebih ramah dan santun dalam memberikan pelayanan kepada setiap pelanggan.