HETANEWS.com - Sudah bukan rahasia bila konsumsi sayuran dan buah-buahan setiap harinya akan memberi manfaat bagi tubuh, seperti menurunkan risiko stroke dan membuat seseorang dapat mengontrol berat badan, Namun, tahukah kamu kalau konsumsi rutin buah dan sayuran dapat berdampak positif bagi kesehatan mental?

Ya, sebuah penelitian menemukan bahwa menambah jumlah asupan buah dan sayuran dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis dalam waktu yang sangat singkat.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plos One tersebut, para peneliti mengamati sekelompok wanita muda berusia 18 hingga 25 tahun yang biasanya tidak memakan banyak buah dan sayuran.

Mereka dibagi ke dalam tiga kelompok, yaitu kelompok yang mendapat dua tambahan buah dan sayuran per hari, kelompok yang menerima pesan singkat berisi pengingat untuk mengonsumsi buah dan sayuran serta voucher untuk membelinya, serta kelompok yang melanjutkan kebiasaan makannya sehari-hari.

Setelah eksperimen berjalan selama 14 hari, ditemukan bahwa kelompok yang memakan buah dan sayuran bukan hanya sukses memasukkan makanan itu ke dalam rutinitas makannya, namun juga membuat kesejahteraan psikologisnya meningkat, dengan memiliki lebih banyak motivasi, rasa ingin tahu, kreativitas, dan energi.

Meski penelitian ini tidak menemukan adanya peningkatan dalam gejala depresi atau gangguan kecemasan seperti penelitian sebelumnya, para peneliti mengatakan bahwa mereka meyakini perubahan pola makan perlu dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama untuk menunjukkan hasil seperti itu.

Namun, mengetahui bahwa perubahan jangka pendek dapat membuat perbedaan dalam hidup rupanya cukup mengesankan. Menariknya, kelompok yang meningkatkan asupan buah dan sayur hariannya hanya makan rata-rata 3,7 porsi setiap harinya selama penelitian.

Artinya, kita tidak perlu terlalu banyak mengubah pola makan untuk mendapatkan manfaat jika biasanya tidak mengonsumsi banyak buah dan sayuran.

Intinya, penelitian ini menunjukkan bahwa bahkan dengan perubahan kecil, kita dapat merasa jauh lebih bahagia dan lebih sehat) dalam waktu singkat.

Sumber: kompas.com