HETANEWS.com - Hari ini, 9 Januari 2022, tepat satu tahun yang lalu, pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-182 rute Jakarta-Pontianak jatuh di perairan laut Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

62 orang yang berada di dalam pesawat tersebut, termasuk kru pesawat, tewas seluruhnya. Dari jumlah itu, 59 jenazah telah berhasil diidentifikasi. 30 di antaranya laki-laki dan sisanya perempuan.

Mengenang tragedi memilukan tersebut, publik pun teringat pada beberapa korban dan keluarga korban yang kisahnya sempat ramai diberitakan.

Di antaranya yang menguras air mata adalah kisah Yaman Zai, pria yang menangis terisak-isak di Bandara Supadio, Pontianak, saat mendengar kabar jatuhnya pesawat yang membawa istri dan tiga anaknya itu.

Dalam manifest SJ 182 yang mengangkut keluarganya, memang terdapat nama istri dan tiga anaknya. Mereka adalah Arneta Fauzia (istri), Fao Nuntius Zai (anak masih bayi), Zurisya Zuar Zai (anak), Umbu Kristin Zai (anak).

Saat ditanyai, Yaman dengan enggan-engganan bilang bahwa keluarganya datang ke Pontianak untuk melepas rindu padanya, sekaligus berlibur dan merasakan seperti apa Kota Pontianak.

"Saya bekerja setahun lebih di sini. Mereka ke sini mau liburan," katanya.

Kiri: KTP Yaman Zai (ANTARA/Fauzi) / Kanan: Yaman Zai saat nangis di Bandara Supadio (Istimewa)

Selain Yaman Zai, yang juga masih diingat publik adalah kisah Aldha Refa, istri dari pramugara Okky Bisma.

Dalam curahan hatinya, Aldha mengenang kebaikan-kebaikan Okky semasa hidup sebagai sang suami. Okky, kata Aldha, selalu memanjakan dan tidak pernah sekalipun menyakiti perasaan Aldha.

"Yaa Allah pihh aku bersyukur banget pih jd istri km .. beruntung banget punya km pih ..Allah maha baik temuin aku sm kamu , yg nurutin aku terus ,manjain aku terus ,ga pernah sama sekali nyakitin aku buat marah aku .. baikk banget sm aku isengmu jailmu ketawamu lawakmu sayang," kata Aldha.

Juga tentang kisah adik Yumna Fanisyatuzahra (3) yang berangkat bersama ibunya, Ratih Windania, kakaknya Athar Rizki Riawan, kakeknya Toni Ismail serta neneknya Rahmawati.

Potret Yumna saat di Bandara Soekarno Hatta mengenakan jaket pink sempat viral. Saat itu, Yumna dan keluarganya tengah menunggu boarding pesawat.

Alfatihah buat Para Korban

Setahun berlalu, rupanya netizen masih menaruh simpati pada para korban. Dilihat Indozone pada Minggu (9/1/2022), unggahan akun Instagram @ratihwindania, ibunda adik Yumna, masih dibanjiri komentar berupa doa.

Netizen ramai mengirimkan Alfatihah untuk adik Yumna dan keluarganya.

"Tidak terasa sudah setahun. Alfatihah," tulis akun @ryndsma006.

Sumber: indozone.id