Hetanews.com - Pemprov Sumut meminta dukungan Kemendes PDTT untuk mempercepat pengembangan wisata Bukit Lawang dan Tangkahan.

Ada tujuh desa di Kecamatan Bahorok dan Kecamatan Batang Serangan, yang akan dikembangkan.

"Kita komunikasi dengan Mendes PDTT dan meminta dukungan pendampingan," Wakil Gubernur Sumut Musarajekshah, melansir Antara, Jumat (7/1/2022).

Pria yang akrab disap Ijeck mengaku, selain hutan dan sungai, Bukit Lawang dan Tangkahan memiliki hewan endemik orang utan dan gajah. Hal itu menjadi potensi untuk bisa mengembangkan destinasi wisata.

"Kami mau agar bisa didorong salah satunya untuk membangun home stay. Selain itu, perlu pengembangan dan pembangunan lain yang tidak memanfaatkan hutan. tapi memanfaatkan lahan masyarakat atau desa itu sendiri," katanya.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar didampingi Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Sugito dan Staf Khusus Ahmad Iman menyambut baik apa yang dipaparkan Ijeck.

Pihaknya mendukung pengembangan potensi desa wisata di Sumut khususnya di Bukit Lawang dan Tangkahan dan akan bergerak memastikan prioritas desa mana saja yang paling memungkinkan dijadikan sebagai pilot project.

Saat ini Kemendes PDTT tengah menyiapkan aplikasi Desa Wisata Nusantara serta buku pedoman untuk BUM Desa dalam hal pengelolaan usahanya.

sumber: suara.com