SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik perkebunan PTPN IV Dolok Ilir terbakar, tepatnya di Huta II Emplasmen, Nagoru Dolok Tenera, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun, Kamis (6/1/2022).

Terbakarnya PKS Dolok ilir, diduga akibat sisa api dari pengelasan Tracing Tangkos, yang mengenai janjangan kelapa sawit yang masih mengandung minyak setelah dikelola di dalam PKS.

Hal itu pun disampaikan oleh Kapolsek Serbelawan AKP Yunus Siregar, dengan mengatakan sebelum terjadinya kebarakan, bahwa pabrik memang dalam masa pengerjaan perbaikan tracing Tangkos (lokasi tempat Janjangan yang sudah di Kelola).

"Pengerjaan itu dilakukan oleh pihak rekanan PTPN IV Dolok Ilir yakni CV Buana Suro Medan. Karena Tracing tangkos yang terbuat dari besi sudah rusak makanya diganti dengan yang baru," terang Kapolsek melalui via telefon, Jumat (7/1/2022).

Menurutnya, dalam insiden kebakaran tersebut tidak ada memakan korban jiwa. Hanya saja saat kebakaran terjadi sebanyak 5 pemadam kebakaran diturunkan dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 23.43 Wib.

"Kita sudah memeriksa 4 orang saksi dalam insiden kebakaran yang terjadi. Sedangkan untuk kerugian sendiri berkisar sebesar Rp 3 Milyar," tutupnya.