HETANEWS.com - Inter Milan bakal menjadi klub terkaya di dunia. Status ini disematkan setelah Inter Milan dijual. Menurut laporan, klub berjulukan Nerazzurri tersebut dijual ke PIF (The Public Investment Fund).

Nama yang disebutkan terakhir ini merupakan sebuah badan negara Arab Saudi yang tugasnya mengelola dana investasi, yang dikabarkan membeli Inter Milan.

Media Amerika Serikat, International Business Times, yang mengklaim kabar tersebut. Dikatakan bahwa Inter Milan sudah berpindah tangan.

Pada Selasa (28/12/2021), International Business Times (IBT) mengabarkan bahwa Suning sebagai pemilik Inter Milan telah menjual klub Liga Italia itu ke PIF.

Tidak tanggung-tanggung, Suning diberitakan menjual Inter Milan kepada PIF senilai 1 miliar euro atau sekitar Rp 16 triliun. Menurut IBT, pengumuman resmi pembelian Inter Milan oleh PIF akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan.

Gelontoran 1 miliar euro berarti nilai tersebut melampaui pembelian Newcastle United yang baru-baru ini bikin heboh jagat sepak bola.

Pada Oktober lalu, Newcastle United dibeli grup investasi Arab Saudi yang juga beranggotakan PIF ditambah PCP Capital Partners dan RB Sports & Media seharga 415 juta dollar AS atau sekitar Rp 6 triliun.

Artinya, Inter Milan bakal menjadi klub terkaya di dunia atau setidaknya salah satu yang paling tajir apabila klaim yang dibuat International Business Times itu benar.

PIF bakal menjadi pemegang saham mayoritas Inter Milan dan tentunya menginvestasikan banyak uang untuk membangun skuad La Beneamata.

IBT juga memuat komentar dari Andrea Zanon, penasihat yang membantu 15 Kementerian Keuangan di kawasan Timur Tengah.

"Di bawah kepemimpinan Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), Arab Saudi secara agresif ingin mendiversifikasi ekonominya," kata Zanon, dikutip dari BolaSport.com.

"Dengan pembelian Inter Milan, juga potensi pengambilalihan Marseille di Liga Perancis plus satu klub top Brasil, Arab Saudi menargetkan menjadi salah satu pemain utama di sepak bola internasional."

"Pembelian klub-klub ini sejalan dengan prioritas strategi investasi yang menjadi visi MBS untuk 2030."

"Arab Saudi ingin melebarkan sayap ekonominya, bukan hanya di minyak, tetapi sekarang juga ke olahraga, turisme, dan hiburan."

"Segera setelah pengambilalihan ini diumumkan secara resmi, Inter Milan akan menjadi klub terkaya di dunia."

"Terima kasih dengan kerja sama bareng Arab Saudi, melalui Inter Milan, Italia akan mendapatkan lagi kejayaan di sepak bola internasional yang sudah hilang selama bertahun-tahun," pungkas Zanon.

Desas-desus penjualan Inter Milan sebetulnya sudah lama beredar karena kesulitan keuangan yang dialami Suning.

Walaupun belakangan Suning menyatakan bahwa keuangan mereka sudah mulai sehat, pincangnya kondisi finansial Inter Milan sangat terasa pada musim ini.

Tengok saja aktivitas mereka di bursa transfer setelah menjadi juara Liga Italia musim lalu. Bukannya memperkuat skuad, Inter Milan malah menjual dua pemain terbaiknya, Romelu Lukaku dan Achraf Hakimi.

Sang pelatih pun angkat kaki. Antonio Conte hengkang karena merasa tidak didukung oleh Suning dalam rencananya di bursa transfer pemain.

Tuttomercatoweb melaporkan bahwa Inter Milan masih dalam kondisi merugi di tangan Suning. Kerugiannya mencapai 15 juta euro per bulan.

Sumber: kompas.com