SERGAI, HETANEWS.com - Pemuda yang melakukan pungutan tak berizin atau pungutan liar ini begitu sangar saat melakukan aksinya pada sopir angkutan umum. Namun, ekspresi sangar itu lenyap tak berbekas setelah dia ditangkap polisi.

Sebelumnya, aksi anggar jago yang direkam sopir angkutan umum ini kemudian diunggah ke media sosial dan sontak viral. Secara satire, warga internet pun memberi label pada si pemuda sebagai Bang Jago. Si abang yang anggar jago.

Tak membutuhkan waktu lama setelah viral, pria yang kerap disapa netizen 'Bang Jago' ini, yang melakukan aksi pungutan liar (pungli) terhadap sopir angkutan umum di Kecamatan Perbaungan, Serdangbedagai (Sergai), Sumatera Utara, berhasil diringkus polisi.

Pelaku diamankan oleh tim gabungan Satreskrim Polres Sergai dan Unit Reskrim Polsek Perbaungan pada, Minggu (19/12/2021) sekitar pukul 20.15 WIB, di lampu merah Timbangan Lubuk Pakam, Kecamatan Lubuk Pakam, Deliserdang.

Tak membutuhkan waktu lama setelah viral, pria yang kerap disapa netizen 'Bang Jago' ini, yang melakukan aksi pungutan liar (pungli) terhadap sopir angkutan umum di Kecamatan Perbaungan, Serdangbedagai (Sergai), Sumatera Utara, berhasil diringkus polisi. (Tribun Medan/M Anil)
Hendra pelaku pungli terhadap sopir angkutan umum di Perbaungan dan viral di media sosial sudah diringkus polisi, Senin (20/12/2021). (TRIBUN MEDAN/MUHAMMAD ANIL RASYID)

Adapun identitas pelaku bernama Hendra Syahputra Sirabang (25) warga Jalan Sena Lingkungan Tempel, Kelurahan Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan, Sergai.

Hendra tak berkutik saat dirinya diamankan polisi. Diketahui aksi pungli terhadap sopir angkutan umum yang dilakukan Hendra tepatnya di Halte Simpang Sena Samping SPBU Perbaungan.

Dan aksi pria berusia 25 tahun ini viral pada, Sabtu (18/12/2021). Informasi yang diperoleh wartawan Tribun-medan.com, Hendra sudah melakukan aksi pungli ke sopir angkutan umum tersebut, sejak dua Minggu yang lalu dan setiap harinya.

"Diketahui pada, Sabtu (18/122021) sekitar pukul 12.30 WIB, Kanit Reskrim Polsek Perbaungan Ipda Zulfan Ahmadi, mendapat Informasi tentang adanya video yang viral terkait pemerasan terhadap seorang sopir angkutan umum tujuan Perbaungan-Medan.

Kejadian ini terjadi di Halte Simpang Sena, Samping SPBU Perbaungan," ujar Kapolsek Perbaungan, Iptu Mantho Pandiangan, Senin (20/12/2021).

Lanjut Mantho, kanit reskrim menemukan video viral tersebut pada media sosial Instagram milik akun "berita_medan punyacerita".

Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata benar adanya. Kejadian pungli tersebut terjadi di Halte Simpang Sena Samping SPBU Perbaungan.

"Jadi pelaku bernama Hendra ini melakukan pungli sejak, Rabu (24/11/2021) sekitar pukul 15.45 WIB. Pelaku meminta sejumlah uang kepada sopir angkutan umum jurusan Perbaungan-Medan bermarga Tambunan," ujar Mantho.

Menindaklanjuti video viral tersebut, kemudian dibentuk tim gabungan Sat Reskrim Polres Sergai dan Unit Reskrim Polsek Perbaungan untuk melakukan penyelidikan.

Setelah ditangkap, diketahui lah si pelaku bernama Hendra Syahputra Sirabang. Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku dibawa ke Polsek Perbaungan guna dilakukan pemeriksaan dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Sudah dibuat surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya lagi, dan dijamin orangtuanya," tutup Kapolsek Perbaungan, Iptu Mantho Pandiangan.

VIDEO Viral Bang Jago

Beredar viral di media sosial, seorang pria melakukan aksi pengutipan liar (pungli) di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Sumatera Utara. Informasi yang beredar, aksi pungli ini terjadi di kawasan simpang SPBU Perbaungan tepatnya tak jauh dari halte kendaraan umum.

Pria yang kemudian dilabeli 'Bang Jago' oleh netizen ini kerap melakukan pengutipan liar pada sejumlah angkutan umum yang melintas. Lantaran geram, seorang sopir angkutan umum merekam aksi pria tersebut.

Peristiwa ini pun terjadi dua Minggu lalu. Menurut yang memviralkan video tersebut, pungli ini hampir setiap hari terjadi. Para sopir angkutan umum wajib membayar di atas Rp 6 ribu tidak boleh kurang.

Bahkan yang lebih mirisnya, satu keluarga dari pria tersebut ikut membantunya melakukan aksi pungli. Ayah dan ibu pria yang disapa netizen Bang Jago ini, ikut campur kalau sopir angkutan umum kurang memberikan uang.

"Jangan kek gitu Bang. Abang kadang-kadang buat orang emosi, coba tanya sama mandor abang," ujar pria yang melakukan pungli dalam video tersebut.

Sopir angkutan umum pun menanyakan kepada pria tersebut berapa uang yang harus diberikannya.

"Jadi berapa dikasih bang??," ujar sopir angkutan umum.

Merasa resah karena aksi pria tersebut direkam oleh sopir angkutan umum, Bang Jago ini pun makin ngotot dan mempersilakan sopir itu untuk memviralkan aksinya.

"Kau viralkan lah, kau foto nah," ujar Bang Jago.

"Jadi mau abang berapa? Nah Rp 5 ribu," ujar sopir angkutan umum

"Enggak, kau foto aja ini, mau kau laporkan kemana?," sambung Bang Jago.

Merasa kesal, pria yang melakukan aksi pungli ke sopir angkutan umum ini, menarik tangan sopir agar turun dari kendaraannya.

"Kok jadi kasar kau?," ujar Sopir angkutan umum.

"Maksud kau apa itu?," tambah pria yang melakukan pungli, sambil menunjuk si sopir angkutan umum merekam aksinya.

"Maksud kau apa? Udah hebat kau?," Sambungnya.

Alhasil setelah diberikan uang sebesar Rp 6 ribu oleh sopir angkutan umum, pria yang melakukan aksi pungli itupun pergi. Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Perbaungan, Ipda Zulfan Ahmadi, membenarkan peristiwa tersebut.

"Sudah kita tindaklanjuti, orangtuanya sudah kita jemput," ujar Zulfan.

Lanjut Zulfan, saat ini pria yang melakukan pungli tersebut, berada di Aceh.

"Saat ini anak atau pelakunya merantau ke Aceh. Kejadian ini dua Minggu yang lalu, dan besok sore sampai sini," ujar Zulfan pada Tribun Medan, Minggu (19/12/2021).

"Besok sore kalau pelaku sudah kita periksa di polsek, rencana mau kita rilis," tutup Kanit Polsek Perbaungan, Ipda Zulfan Ahmadi.

Sumber: tribunnews.com