Medan, hetanews.com - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat H Atal S Depari melantik H Farianda Putra Sinik SE menjadi Ketua PWI Sumut masa bakti 2021-2016. Pelantikan bersama 50 pengurus PWI lainnya berlangsung sukses di Hotel Garuda Plaza Medan, Sabtu malam, (18/12/2021).

Hadir saat pelantikan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I BB Mayjen TNI Hasanuddin, Wakapolda Brigjen Pol Dadang Hartanto, Mantan Gubsu T Erry Nuradi, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, tokoh masyarakat RE Nainggolan, tokoh agama, tokoh pemuda dan undangan lainnya.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan ucapan selamat kepada Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik yang baru dilantik, berharap dengan niat yang tulus dapat memimpin wartawan lebih profesional.

Edy Rahmayadi mengajak PWI Sumut ikut membangun Sumut, semua harus berbuat dan bertanggungjawab. 

“Wartawan itu milik semua, milik bersama, tanpa wartawan Sumut tidak akan maju Sumut. Kalau wartawan sekedar mencari nafkah itu akan repot tetapi harus berperan aktif membangun masyarakat,” ujar Edy.

Gubsu juga menyatakan dukungan sepenuhnya rencana menjadi tuan rumah pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023. Moment tersebut salah satu upaya media mempercepat pembangunan di Sumut.

"Dengan menjadi tuan rumah dipastikan akan banyak mendapat kritik sehat dari wartawan yang akan meningkatkan pembangunan lebih baik serta bermartabat,” sebut Edy.

Sebelumnya, Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari mengingatkan dan menegaskan agar wartawan di Sumut patuh kepada kode etik jurnalistik (KEJ). Harapannya kepada pengurus baru yang dilantik dapat memberikan contoh yang baik tentang bagaimana wartawan melaksanakan tugas profesi jurnalistiknya.

Sebagai persiapan Sumut menjadi tuan rumah pada Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Atal berharap seluruh Pengurus diharapkan proaktif dan bekerja profesional.

Ketua terpilih hasil Konferensi Daerah PWI Sumut Farianda Putra Sinik SE dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mempercayakan pucuk pimpinan PWI Sumut kepadanya. Harapannya, di masa kepengurusan periodenya kawan kawan wartawan bisa lebih sejahtera dan terlindungi khususnya yang tergabung dalam PWI.

PWI bersinergi dan bermitra dengan pemerintah untuk menjadikan Sumut lebih baik melalui pemberitaan yang bermartabat, berintegritas. Kritik dan saran demi mendukung kesuksesan Sumut. 

Kepada seluruh unsur kepengurusan dan anggota PWI se-Sumut diharapkan memberi dukungan memajukan organisasi PWI lebih meningkat dalam menjalankan 10 program prioritas memajukan wartawan.

“Saya Ingin wartawan di Sumut cerdas, tertib, beretika dan bermartabat lalu meningkatkan kesejahteraan wartawan. Harus mendapatkan pendidikan secara berkala dan tentu butuh biaya. Untuk itu kami melakukan kerjasama kepada seluruh universitas di Sumut,” ujar Farianda.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan Rifki Warisan melaporkan, pelantikan kepada pengurus merupakan hasil konferensi PWI Sumut pada 23 Oktober lalu. 

Adapun susunan pengurus yang baru yakni Ketua: H Farianda Putra Sinik SE (Hr Medan Pos) dibantu beberapa wakil ketua bidang. Sahat Rahmad Hamonangan Panggabean S.Sos sebagai sekretaris (Hr Analisa), dibantu sekretaris I dan II, bendahara Hartati Rangkuti SPT (RRI) dibantu wakil bendahara.