HETANEWS.com  - Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM) Hephata HKBP Distrik 9 (Sibolga, Tapanuli Tengah, Nias), merayakan Natal bersama ratusan kaum disabilitas, di Gereja HKBP Sibolga Kota, Senin (13/12/2021). Perayaan Natal kaum disabilitas RBM kali ini, turut mengundang sejumlah pejabat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Sibolga. 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sibolga Dr Sanco Simanullang MT didampingi rekannya Maryanto Purba dan Silvia Yunita Dewi ikut larut dalam suasana hikmat, karena mereka dapat menyaksikan langsung dan turut berbaur dengan para guru serta anak-anak berkebutuhan khusus dalam menyambut sukacita natal tersebut. 

"Meski dengan segala keterbatasan, para difabel dan undangan sangat bersukacita mengikuti kebaktian Natal ini," ujar Sanco dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/12/2021). 

Meski dalam keadaan yang penuh dengan keterbatasan, namun kegiatan ibadah dan pujian persembahan hingga liturgi yang ditampilkan anak-anak difabel itu berlangsung secara hikmat. 

"Dan seluruh rangkaian acara berjalan begitu hikmat, demikian juga para undangan," ungkapnya.

"Bahkan Ompui Ephorus HKBP karena gembiranya, beranjak menghampiri anak-anak difabel sembari menyanyikan lagu ulang tahun, dan membagikan kue ulang tahun," sergahnya kemudian.

Seperti diketahui, perayaan Natal ini dirangkai pula bertepatan dengan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RBM Ke-18.

Pada kesempatan itu, Jamsostek turut menyalurkan tali asih yang merupakan sumbangan sukarela dari para karyawan dan kas pembinaan kerohanian Jamsostek.

"Semoga (tali asih) ini bermanfaat, dan dapat digunakan saudara-saudara kita yang membutuhkan dan sangat terbatas itu," tutup Sanco.

Adapun tema perayaan Natal anak berkebutuhan khusus itu yakni, "Hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu (1 Petrus 1:22 c), dengan subtema, "Melalui perayaan Natal disabilitas kita diajak mempedomani cinta kasih Kristus yang menggerakkan persaudaraan di antara sesama manusia." 

Perayaan Natal ini turut dihadiri oleh Ephorus HKBP Pdt Dr. Robinson Butarbutar didampingi Praeses Pdt Donda Simanjuntak, Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul, Asisten I Pemko Sibolga Josua Hutapea, Sekretaris DPRD Sibolga Richard Pangaribuan beserta sejumlah Kepala Dinas di Pemkab Tapteng dan Pemko Sibolga.

Usai kebaktian Natal berlangsung kemudian dilanjutkan dengan rangkaian acara perayaan HUT RBM Ke-18 seperti, kata sambutan, penyerahan tali asih, dan bimbingan Ephorus HKBP, hiburan dan makan bersama. [Edo]