SIANTAR, hetanews.com – Menindak lanjuti hubungan kerja sama antara TNI dan Polri, hari ini, Senin (13/12/2021) dilakukan pembukaan pendidikan bersama calon Bintara TNI-Polri di Rindam I/BB Kota Siantar, adapun siswa yang mengikuti pendidikan sebanyak 345 siswa dari gabungan TNI-Polri.

Pembukaan pendidikan bersama ini dipimpin langsung oleh Brigjen Mardiyon yang menjabat sebagai  Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri dan Kolonel Arh Sonny Septiono yang menjabat sebagai Pabanorg Sdirdok Kodiklatad.

Dalam amanah yang dibacakan Brigjen Pol Mardioyono dari Kepala Lembaga Pendidikan Latihan Komjen Pol  Prof, Dr.H.Rycko Amelza Dahniel,M.Si, kegiatan ini merupakan tindakan lanjut dari perjanjian kerja sama antara TNI-Polri, dan kegiatan ini diadakan selama 5 hari di 14 lembaga pendidikan TNI AD.

“Kegiatan Diklat Integrasi TNI-Polri dalam bentuk latihan Kolaborasi untuk peserta didik Dikmaba TNI-AD dan peserta didik Diktukba Polri yang dilaksanakan selama 5 hari di seluruh Satdik Polri dan di 14 lembaga Pendidikan TNI AD, kegiatan Diklat Integrasi TNI-Polri merupakan Implementasi tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antara TNI AD dan Polri,”ucapnya.

Brigjen Mardiyon yang menjabat sebagai  Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri dan Kolonel Arh Sonny Septiono yang menjabat sebagai Pabanorg Sdirdok Kodiklatad saat memimpin upacara pembukaan pelatihan bersama.

Masih dalam amanah yang dibacakan oleh Brigjen Pol Mardiyono, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi seluruh peserta didik Dikmaba TNI AD maupun peserta didik Diktukba Polri sehingga terjalin silaturahmi dan Sinergitas antar TNI AD dan Polri.

“yang dimulai dari lembaga Pendidikan sampai nantinya bertugas di Satuan masing-masing, Pendidikan ini merupakan kali pertama dilaksanakan secara serentak di seluruh Satdik Polri dan Lembaga Pendidikan TNI AD dan ke depan dapat menjadi agenda rutin untuk pelaksanaan Integrasi di bidang Pendidikan dan Pelatihan,”ucapnya.

Dalam amanat Komandan Kodiklat TNI AD Letnan Jenderal AM. Putranto, S.Sos. yang disampaikan oleh Kolonel Arh Sonny Septiono,Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk rasa kebersamaan antara TNI-Polri.

“saya selaku Komandan Kodiklatad mengucafkan selamat datang kepada seluruh Bintara Siswa Polri di Rindam jajaran TNI AD.Kegiatan Diklat Integrasi dalam bentuk Kolaborasi merupakan salah satu faktor penting dalam menciptakan rasa kebersamaan antara TNI AD dan Polri melalui kegiatan ini akan membentuk dan mengembangkan kualitas kerja sama dan ikatan bathin antara TNI AD dan Polri,”sebutnya.

Selain itu dalam amanat yang dibacakan juga disebutkan jika Pendidikan bersama ini tidak hanya dilakukan dalam satu tingkatan pendidikan namun setiap jenjang pendidikan.

“kegiatan Diklat Integritas TNI AD-Polri akan dilaksanakan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan mulai dari Tamtama , Bintara sampai dengan Perwira yang pada akhirnya akan meningkatkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing,”ucap Kolonel Arh Sonny Septiono.

Secara langsung kepada wartawan Brigjen Pol Mardiyono menyebutkan jika kegiatan untuk juga dilakukan untuk menciptakan kerja sama yang baik antara TNI-Polri dalam menjaga kemanan masyarakat.

“Kegiatan ini adalah menindak lanjuti perintah kerja sama TNI-Polri pada Tahun 2021 yang lalu, dan ditindak lanjuti dengan pelatihan integrase gabungan dengan alasan agar kedepan lulusan-lulusan dari bintara ini bisa terjalin kerja sama dan masyarakat terjamin,”sebutnya.

Acara ini juga dihadiri Danrindam I/BB Kolonel Inf Budi Utomo S.I.P, Danrem 022/PT Kolonel Parlindungan Hutagalung, Kapolres Siantar AKBP Boy Sutan Binaga Siregar, Dandim 0207/SML Letkol Inf Roly Souhoka, Anggota DPRD Siantar Astrounot Nainggolan, Wakapolres Kompol Ismawansa, Diktuba Polri Gadik Muda 18 SPN Hinai Polda Sumut Kompol Hairul Efendi Harahap, Danyon Pengasuh Siswa SPN Hinai Polda Sumut Kompol Amir Muslim.