HETANEWS.com - Ada dua alasan yang membuat Mulyana menyarankan kepada Yosef, Yoris dan Mimin untuk menggunakan jasa pengacara sejak awal setelah terjadi kasus pembunuhan Subang yang menewaskan ibu dan anak yaitu Tuti Suhartini dan Amel.

Mulyana memiliki alasan kenapa dia menganjurkan Yosef, Yoris dan Mimin untuk segera didampingi oleh pengacara hanya beberapa hari setelah kasus pembunuhan Subang terjadi pada tanggal 18 Agustus 2021.

Sejak kejadian pembunuhan Subang terkuak 18 Agustus 2021, Mulyana mengakui dirinya terus mendampingi kakaknya itu, dan sering meminta pengakuan jujur kepada Yosef untuk mengaku. Jika tidak mengaku, Mulyana sempat akan memukul kakaknya tersebut.

Mulyana menyarankan mengunakan jasa pengacara untuk kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang alasannya karena dirinya meminta kepada pengacara, untuk menekan agar Yosef, Yoris dan Mimin mau berkata jujur.

"Kalau melakukan (pembunuhan Subang) bilang ya, kalau tidak melakukan bilang tidak,” tutur Mulyana.

Baca juga: Kasus Pembunuhan di Subang, Warga Sekitar Mencurigai Ada Keterlibatan Oknum Orang Penting

Mulyana mengatakan, kalau sejak awal berbohong maka selanjutnya pengacara akan mengalami kesulitan jika melakukan pendampingan kepada kliennya.

Pernyataan Mulyana tersebut muncul saat diwawancara di kanal Youtube Misteri Mbak Suci yang tayang pada Kamis, 9 Desember 2021.

Alasan lainnya Mulyana menyarankan jasa pengacara setelah dirinya mendengar berdasarkan hasil pemeriksaan di tempat kejadian perkara (TKP) menyebutkan jika hasil olah TKP tidak ada pintu yang masuk.

“Saya berkesimpulan kalau pintu tidak rusak berarti pelakunya orang-orang dekat atau orang-orang yang mengenal korban. Jadi kecurigaan saya saat itu kepada Yosef, Mimin, dan Yoris,” ujarnya.

Karena alasan di TKP tidak ada pintu rumah yang rusak itulah, kemudian terbesit di pikiran Mulyana untuk segera menyediakan pengacara untuk Yosef, Mimin, dan Yoris yang dicurigai sebagai pelaku di awal kasus pembunuhan Subang.

Baca juga: Kasus Subang Harus Tuntas, Mantan Kapolda Anton Charliyan: Marwah Polri Dipertaruhkan, Roy Suryo Gemes, Kenapa?

Setelah ada persetujuan akan menggunakan pengacara, maka pada tanggal 22 Agustus 2021, Mulyana mengadakan pertemuan dengan Rohman Hidayat di lapangan golf Poltak, Lembang. Kebetulan Rohman -yang kini menjadi pengacara Yosef- juga suka main golf bersama Mulyana di tempat itu.

“Pada saat dibuatkan surat resmi untuk ditanda tangan, Yosef dan Mimin menandatanganinya, namun Yoris tidak mau. Padahal banyak saksinya di malam sebelumnya Yoris setuju,” ucap Mulyana.

Namun pada akhirnya, Yoris juga mengunakan pengacara, namun berbeda denan pengacara Yosef. Yoris kini didampingi pengacara Achmad Taufan, sedangkan Yosef didampingi Rohman Hidayat.

Disinggung mengenai Mimin yang merupakan istri muda dari Yosef, Mulyana menuturkan bahwa Mimin juga pakai pengacara intinya kalau menggandeng pengacara bukan berarti orang itu bersalah. Itu sah-sah saja.

"Secara yuridis, hak setiap orang untuk mendapatkan pendampingan,” ujar Mulyana.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Danu Harus Jalani Tes Kejiawaan dan Kesehatan di Kasus Pembunuhan Subang

“Saya pikir gak ada salahnya pendampingan sejak awal di samping untuk mengepres untuk pengakuan. Kalau tidak jujur akan repot bagi pengacara ke depannya,” ujar Mulyana.

“Kadang ada orang yang antara mulut dan otak tidak nyambung sehingga muncul kebohongan,” ucapnya.

Seperti diketahui, sejak kasus pembunuhan Subang ini terjadi dengan menewaskan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Rati atau Amel yang merupakan istri dan anak Yosef, banyak publik yang mempertanyakan tindakan Yosef langsung menggandeng pengacara.

Publik seolah tergiring opininya bahwa Yosef dan Mimin tersangka dari kasus pembunuhan Subang yang mengegerkan tersebut.

Mulyana menegaskan bahwa penggunaan kuasa hukum sejak di awal kasus bukanlah keinginan Yosef maupun Mimin, melainkan inisiatif Mulyana. Inisiatif tersebut muncuk, setelah Mulyana mendengar di TKP bahwa hasil olah TKP tidak ada pintu yang masuk

Baca juga: Akankah Danu Bisa Mengelak Atas Keterlibatannya pada Kasus Pembunuh Ibu dan Anak di Subang?

Sumber: deskjabar.pikiran-rakyat.com