SIANTAR, HETANEWS.com - Satuan Tugas Covid-19 Kota Siantar masih mengizinkan masyarakat mengadakan pesta pernikahan atau kegiatan masyarakat lainnya hingga menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022

Kendati demikian kegiatan tersebut tentunya menerapkan peraturan PPKM Level 3, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 62 Tahun 2021.

"Pesta masih diizinkan walaupun disesuaikan dengan level 3 (kapasitas 25%-50%). Dengan catatan penyelenggara harus komit lah," Sekretaris Satgas Covid 19, Sofian, Kamis (2/12/2021).

Namun, jika keadaan Kota Siantar memburuk dalam beberapa pekan kedepan, lanjut Sofian, pesta dan kegiatan-kegiatan sosial budaya lainnya akan ditiadakan.

"Ya mudah-mudahan kondisi Siantar masih landai seperti ini dalam 2 minggu ke depan. Tapi yang jelas kembang api dan hiburan-hiburan lainnya ditiadakan untuk tahun ini," tutur Sofian.

Bagi Masker

Selain itu, Satgas Covid-19 Kota Siantar berencana membagikan ribuan masker kepada masyarakat sebelum Nataru.

Hal itu dilakukan untuk mengedukasi warga agar bepergian keluar rumah jika dirasa tak terlalu penting, guna mengantisipasi meningkatnya kasus covid-19 saat perayaan Nataru mendatang.

"Nanti kita akan bagikan masker ke masyarakat sebelum Nataru. Sasaran pertama kita memang ke sekolah dulu, sekaligus mengimbau masyarakat untuk tetap sadar akan prokes," ujar Sofian Purba.

Tak hanya masker, beberapa kebutuhan seperti hand sanitizer dan kantong mayat akan diusulkan pengadaannya ke Pemerintah Provinsi.

"Kita minta bantuan ke Provinsi sekitar 8 ribuan masker, sekaligus hand sanitizer. Ada juga sebanyak 50 kantong mayat yang sudah kita terima, artinya segala sesuatu kemungkinan kita persiapkan, gak hanya covid-19, bencana-bencana lain pun kita antisipasi," kata Sofian.