Hetanews.com - Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah meminta dukungan pemerintah pusat tarkait perkembangan berbagai sektor di Danau Toba.

Ia meminta melengkapi fasilitas mulai rumah sakit, infrastruktur jalan. Selain itu, mendorong adanya event bertaraf internasional yang saat ini sudah mulai dilakukan, di antaranya Danau Toba Rally 2021.

"Danau Toba magnetnya sudah ada, jika ditambah event lagi pasti bisa menarik wisatawan lebih banyak. Saat ini kami sudah mulai, pada 11-12 ada Danau Toba Rally," katanya, melansir medanheadlines.com, Kamis (2/12/2021).

Sementara itu, untuk keberadaan Keramba Jaring Apung (KJA) yang dahulu mencapai 15.732 KJA kini hanya tinggal 9.022 KJA lagi.

"Pemerintah terus berusaha mengatur KJA tersebut demi keseimbangan ekosistem dan kualitas air Danau Toba," katanya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, saat ini sudah ada platform untuk memantau pengembangan lima DPSP. Platform ini akan membantu pemerintah dalam mempercepat pengembangan lima DPSP.

"Kami sudah membuat satu platform di mana kita bisa mengevaluasi setiap progres project yang dibuat di tempat masing-masing," kata Luhut.

Sumber: merdeka.com