SIANTAR, HETANEWS.com - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022, Manajemen PD Pasar Horas Jaya (PHJ) mengimbau kepada para pedagang untuk tidak mengakali alat ukur atau timbangan demi mengeruk keuntungan pribadi.

Plt Dirut PD PHJ, Toga Sihite mengatakan hal tersebut memang rutin dilakukan setiap tahun, dan rencananya akan dilakukan secara tiba-tiba, sekaligus mengecek harga sembako jelang Nataru.

"Untuk pemantauan timbangan pedagang memang dilakukan setiap tahun. Kami juga akan berkoordinasi dengan Meterologi yang mengurusi timbangan. Nanti juga kami akan bersamaan saat pengecekan harga sembako jelang natal dan tahun batu pada tahun ini," ujar Toga dikonfirmasi media, Rabu (1/12/2021).

Sejauh ini belum ada ditemukan kecurangan timbangan, Toga berharap semoga tak ada kecurangan yang merugikan pembeli.

"Untuk tahun lalu tidak ada kecurangan timbangan yang ditemukan, mudah-mudahanlah jangan sampai ada seperti itu," ucapnya.

Terkait harga bahan-bahan pokok yang dijual di Pasar Tradisional akan terus dipantau oleh PD PHJ bersama stakeholder terkait.

"Nanti akan ada pemeriksaan ke Pasar bersama dengan Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan. Kita akan melakukan cek harga di lokasi kedua pasar yang ada di Kota Pematangsiantar ini, yaitu Pasar Horas dan Pasar Parluasan," kata Toga.

Toga menambahkan, PD PHJ bersama Pemerintah Kota Siantar juga berencana melakukan rapat membahas pengadaan pasar murah menjelang perayaan Nataru mendatang.

"Setelah rapat akan ada beberapa titik dibuat pasar murah yang bekerjasama dengan Disperindag, PD Pasar dan PD PAUS," ungkapnya.