MEDAN, HETANEWS.com - Capaian vaksinasi COVID-19 masyarakat di Sumatera Utara terus dikebut. Dinas Kesehatan mencatat persentase warga yang telah menerima vaksin dosis pertama baru sekitar 58,45 persen.

"Capaian vaksinasi dosis pertama di Sumut kini mencapai 58,45 persen atau 6.675.016 jiwa," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis, Selasa (30/11).

Dijelaskan Ismail, adapun sasaran vaksinasi bagi masyarakat Sumut sebanyak 11.419.559 orang, meliputi tenaga kesehatan (nakes), lansia, petugas publik, masyarakat rentan dan masyarakat umum, serta anak atau remaja usia 12-17 tahun.

Sementara itu, untuk masyarakat yang sudah menerima dosis kedua di Sumut mencapai 40,74 persen atau sebanyak 4.652.440 orang.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa hingga akhir 2021 jumlah masyarakat yang mendapatkan vaksin harus mencapai 70 persen.

Ia mengaku, hal tersebut bisa terwujud bila mendapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat Sumut.

"Di akhir bulan Desember (2021) dia harus sudah 70 persen. Maka kita bersama-sama, tolong menolong melakukan vaksinasi rakyat kita yang jauh-jauh itu, tidak segampang seperti apa yang kita ucapkan," sebut Edy.

"Kita mau memvaksin, kadang vaksinnya tak ada. Vaksinnya ada, vaksinator ada, tapi rakyatnya tak mau divaksin. Untuk itu bantu support. Sebab gunanya vaksin untuk mencegah COVID. Imun manusia menjadi meningkat. Sehingga COVID-19 tak mau masuk ke kita semua," sambung mantan Pangkostrad itu. 

Sumber: antaranews.com