Jakarta, hetanews.com - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa meminta seluruh anggota DPRD PPP di semua tingkatan untuk mendorong percepatan penyerapan anggaran di daerah. Tujuannya untuk mengawal suksesnya pemerintahan Jokowi saat ini.

"Kita adalah bagian dari koalisi pemerintah, maka kita berharap pada pemerintah untuk sukses sampai akhir periode seperti yang diamanatkan. Utamanya adalah dengan mendorong percepatan penyerapan anggaran," kata Suharso saat membuka acara Workshop DPRD Fraksi PPP di Jakarta, Minggu (28/11).

Suharso mengungkapkan, baru ada 7 provinsi yang penyerapan anggarannya di atas 80 persen. Sedangkan, ada 6 provinsi yang penyerapan angarannya sebesar 70%-80%. Sementara, akhir tahun tinggal satu bulan lagi.

Menurutnya, percepatan penyerapan anggaran akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya penyerapan anggaran yang terhambat menyebabkan pembangunan tidak bergerak.

"Kita tahu saat ini terjadi refocusing-refocusing anggaran di pemerintahan, tetapi itu tidak menjadi alasan dalam percepatan penyerapan anggaran," ujar dia.

Menteri PPN/Bappenas ini juga meminta agar Fraksi PPP di semua tingkatan menegur pemerintah daerah untuk segera memutuskan anggaran. Kemudian anggota Fraksi PPP juga harus hadir dan mengawal hingga pelaksanaan pembangunan sehingga fungsi legislatif anggota DPRD PPP benar-benar dirasakan masyarakat.

"Mendorong para bupati, wali kota untuk cepat-cepat memutuskan itu," kata dia. 

sumber: merdeka.com