SIANTAR, HETANEWS.com - Berdasarkan hasil rapat Lintas Sektoral di Kementerian Agraria dan Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW), akhirnya gerbang tol (pintu keluar masuk/exit tol) akan ada di Kota Siantar. 

Direncanakan, gerbang tol akan didirikan di kawasan Simpang Dua Kota Siantar.

Demikian dikatakan Plt Kepala Bappeda Kota Siantar M Hammam Sholeh kepada wartawan, Jumat (26/11) di Siantar. 

"Informasi tersebut, merupakan salah satu hasil dari Rapat Lintas Sektoral di Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kota Siantar pada 23 Nopember 2021 yang lalu," katanya.

Menurut Sholeh, Rapat Lintas Sektoral di Kementerian ATR/BPN diikuti perwakilan dari sejumlah kementerian, Walikota Siantar Dr H Hefriansyah SE MM, Plt Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Siantar M Hammam Sholeh beserta stafnya dan sejumlah perwakilan dari institusi terkait lainnya.

“Semalam (saat Rapat Lintas Sektoral) perkembangan gerbang jalan tol sudah final,” ungkapnya.

Meski demikian, untuk perkembangan jalan tol, pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sering berubah-ubah. Sebelumnya sempat beredar kabar tidak ada gerbang tol di Kota Siantar.

Namun pada Rapat Lintas Sektoral, gerbang tol akan dibuat di Kota Siantar.

“Saat dipetakan pertama kali tidak mencantumkan adanya gerbang masuk/keluar di Siantar, setelah rapat jadi ada exit jalan tol,” ujarnya.

Sholeh menjelaskan jika akan adanya gerbang tol di Kota Siantar, merupakan peran Walikota Siantar yang kerap membicarakannya dengan pihak Kementerian PUPR di Jakarta.

“Hal itu kemungkinan karena pak Walikota bolak-balik ke Jakarta yang kemarin. Tapi tidak selesai dimana letaknya exit tol nya.

Namun kemungkinan exit jalan tol-nya ada disekitaran Jalan Parapat,” ungkapnya lagi.