HETANEWS.com - Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Demokrat Hinca Panjaitan menyebut Kabupaten Asahan dan Kota Tanjung Balai, provinsi Sumut adalah dua daerah yang seharusnya masuk dalam kawasan Danau Toba.

Dalam sebuah forum diskusi Indonesia Geopark Invesment Forum 2021, Hinca menjelaskan, adapun pernyataan tersebut mewakili permintaan masyarakat  Asahan dan  Tanjung Balai.

"Saya mewakili masyarakat yang ada di kawasan Danau Toba dari 7 daerah Kabupaten itu. Saya juga ingin menyampaikan pesan dari masyarakat Asahan dan Tanjung Balai juga dimasukkan dalam kawasan Danau Toba ini,” ujar Hinca, Pembina Masyarakat Komunitas Rumahela ini dikutip dari channel Youtube Hinca IP Panjaitan XIII

Sebagaimana diketahui, ada 7 kabupaten yang berada di kawasan Danau Toba. Diantaranya, Samosir, Toba, Dairi, Karo, Simalungun, Tapanuli Utara dan Humbang Hasundutan.

“Dua daerah itu yang saya sebutkan 7 plus 2. Alasannya sederhana. Berjuta juta ton air masuk ke dalam Danau Toba tapi hanya satu alirannya menuju belahan dunia lewat selat Malaka, yang kita sebut Sungai Asahan,” jelasnya.

Hinca menuturkan, Tanjung Balai dan Asahan juga memberikan banyak kontribusi. Salah satunya adalah wisatawan.

“Oleh karena itu saya mewakili suara mereka agar asahan dan Tanjung Balai juga dilibatkan, sebab masuknya wisatawan dunia ke Geopark Kaldera Toba kita ini, tidak hanya dari Kualanamu atau Silangit atau jalan darat,” ucapnya

“Sesungguhnya yang paling ramai adalah dari selat Malaka, masuk dari pelabuhan Tanjung Balai di Asahan mengikuti sungai Asahan, naik ke Siponot, air terjun terbaik itu, Tampuran Si Harimo baru menembus Porsea itulah mereka.” kata Hinca menjelaskan.