HETANEWS.com - Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta maaf usai sebagian besar wilayah Kota Medan, Sumatera Utara, dilanda banjir pada Selasa (23/11/2021) malam hingga Rabu (24/11/2021) dini hari.

"Saya memohon maaf kepada seluruh warga Medan atas masalah banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Kota medan," kata Bobby melalui keterangan tertulis, Rabu.

Bobby mengatakan, banjir yang terjadi di Kota Medan kali ini akibat hujan deras dalam beberapa hari terakhir, sehingga menyebabkan sungai dan sejumlah drainase meluap.

Menantu Presiden Jokowi ini menyebut, Pemkot Medan masih terus berusaha membenahi seluruh drainase yang tersumbat agar genangan air dapat diatasi.

Pemkot Medan juga sedang mempersiapkan berbagai perencanaan penanggulangan banjir jangka panjang agar Medan bebas dari banjir.

Untuk mengatasi banjir di Medan, sejauh ini Bobby Nasution telah bolak-balik menemui kementerian terkait hingga badan wilayah sungai.

Dari semua upaya itu, Bobby telah mendapat sejumlah lampu hijau mengenai bantuan dari pemerintah pusat agar segera dilakukan normalisasi saluran dan penampungan air mulai 2022.

"Mari berkolaborasi untuk mengatasi permasalahan ini bersama. Dukungan besar dari warga sangat dibutuhkan dalam menjalankan program-program untuk mengantisipasi dan menanggulangi permasalahan banjir di Kota Medan," kata Bobby.

Normalisasi

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan Ferry Ichsan mengatakan, pihaknya telah mendapat perintah dari Bobby agar segera melakukan normalisasi drainase di wilayah yang paling parah mengalami banjir.

"Seminggu ini kami akan melakukan normalisasi sejumlah ruas jalan, antara lain di Jalan HM Jhoni, Jalan Ayahanda, Jalan Jamin Ginting dan lainnya," kata Ferry.

Sumber: kompas.com