SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Mantan Sekretaris Daerah [Sekda] Kabupaten Simalungun, Gideon Purba mendatangi kantor Kejaksaan Simalungun di Jalan Asahan, Selasa (23/11/2021). 

Pantauan di lokasi,  Gideon memakai kemeja putih berjalan menuju ruang Pidsus kemudian diperiksa oleh salah satu tim jaksa Devica Oktavinawati.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala seksi pidana khusus [Kasi Pidsus] Asor Olodaiv Siagian mengatakan kedatangan eks pejabat Simalungun itu terkait kasus sewa lahan pemerintah di Kecamatan Tapian Dolok.

"Benar, mantan sekda dipanggil terkait pengusutan temuan BPK perjanjian sewa lahan di Tapian Dolok," kata Olodaiv ditemui di kantornya, Rabu (24/11/2021). 

Ia menyatakan kasus sewa lahan tersebut masih tahap penyelidikan kejaksaan. Ia pun belum bersedia memberikan penjelasan kasus tersebut.

Baca juga: Jaksa Belum Bersedia Beri Keterangan Terkait Dua Eks Sekda

Kasus sewa lahan

Sekedar informasi, kasus ini sebelumnya ditangani  pihak Intel dilanjutkan oleh Pidsus untuk ditindaklanjuti. 

Dalam kasus ini Gideon disebut sebut sebagai orang yang menandatangani perjanjian sewa lahan seluas 200 HA di Kecamatan Tapian Dolok. Lahan aset Pemkab Simalungun itu dulunya merupakan milik PT Bridgestone.

Perjanjian sewa lahan dituangkan dalam surat perjanjian kepada kelompok tani Poktan Makmur Jaya dan Poktan Nelayan Andalan.

Adapun perjanjian lahan tersebut dapat dikelola setelah pihak penyewa melakukan pembayaran secara lunas. 

Sebaliknya ditemukan penyewa yang baru membayar panjar Rp.100 Juta diberi keleluasaan mengelola lahan tersebut.

Badan pemeriksa keuangan [BPK] menemukan adanya kerugian negara senilai Rp 210 Juta dari biaya sewa yang ditetapkan sebesar Rp 310 Juta. Disinyalir uang sewa lahan tidak disetorkan ke kas daerah Pemkab Simalungun.

Dugaan itu diperkuat dengan pernyataan penyewa lahan bernama Misran (50) yang turut diperiksa di Kejaksaan sebelumnya. Misran menyebut uang sewa lahan tersebut diserahkan kepada seseorang berinisial IR. 

Baca juga: Dua Eks Sekda Dimintai Klarifikasi Terkait Kasus Sewa Lahan