JAKARTA, HETANEWS.com - Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan saat ini pemerintah masih melaksanakan sero survei antibodi Sars-CoV-2 secara nasional.

Hasil sero survei ini akan menunjukan seberapa besar kekebalan komunal alias herd immunity yang telah ada di Indonesia.

"Program yang dijalankan Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia, diperkirakan dapat keluar hasilnya di minggu ketiga atau keempat di akhir tahun 2021," ujar Wiku dalam konferensi pers daring, Selasa, 23 November 2021.

Sero survei adalah tes darah yang memeriksa antibodi terhadap virus. Wiku mengatakan tes ini dijalankan di 34 provinsi di Indonesia yang mencakup seribu desa dan wilayah aglomerasi.

"Hasil inilah yang nantinya akan menunjukan seberapa besar kekebalan komunitas yang telah terbentuk di Indonesia, baik karena infeksi alamiah dan vaksinasi, sehingga dapat menjadi dasar pengambilan kebijakan yang berbasis data dan fakta," kata Wiku.

Hingga saat ini, pemerintah masih terus menggenjot upaya vaksinasi secara nasional. Vaksinasi telah dimulai sejak Februari 2021 lalu. Diharapkan vaksinasi massal dapat menumbuhkan kekebalan komunal di tengah masyarakat.

Selain itu, dari data Satgas saat ini, tingkat penularan Covid-19 terus mengalami penurunan. Angka kasus aktif dan jumlah penularan harian telah terus menurun dan stabil di bawah seribu kasus per hari.

Meski begitu, Wiku tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Terlebih menjelang adanya liburan Natal dan Tahun Baru, yang berpotensi memicu adanya lonjakan kasus baru.

Sumber: tempo.co