MEDAN, HETANEWS.com - Polda Sumatera Utara (Sumut) mengerahkan sebanyak 1.129 orang untuk pengamanakn pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di tujuh kabupaten di Sumut.

Seluruh personel tersebut akan ditempatkan di 558 desa yang menggelar Pilkades Serentak di Sumut.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak mengatakan seluruh personel yang dikerahkan berasal dari Brimob, Sabhara, Intel, Reskrim, Propam hingga bintara remaja Polda Sumut.

"Mereka dikirim mengamankan Pilkades Serentak 2021 di seluruh wilayah di Sumut," kata Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak pada apel pasukan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Huta Toba 2021 di Polda Sumut, Minggu (21/11/2021).

Panca mengatakan saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait dan mitra kamtibmas untuk melakukan pengamanan tahapan Pilkades 2021.

Dia menekankan proses pengamanakan akan mengedapankan kegiatan preemtif dan preventif agar situasi tetap aman dan kondusif.

Panca mengatakan total ada tujuh kabupaten yang akan menggelar Pilkades 2021 yakni Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Tapanuli Utara (Taput), Dairi, Karo, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah (Tapteng), dan Toba.

"Total 88 kecamatan dan 558 desa yang melaksanakan Pilkades 2021 di Sumut," ucapnya.

Panca mengatakan tahapan Pilkades berbeda dengan Pilkada maupun Pileg. Proses perhitungan akan berlangsung di hari pemilihan tanpa ada proses pleno lagi.

"Saya berharap semua personel yang di-BKO dalam pengamanan Pilkades 2021 untuk selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan dalam mencegah penularan Covid-19," katanya.

Sumber: inews.id