JAKARTA, HETANEWS.com - Kelompok lanjut usia atau lansia menjadi sasaran prioritas dalam vaksinasi Covid-19 lanjutan tahap pertama di Indonesia. Target lansia ini adalah yang berusia 60 tahun ke atas

Kelompok lanjut usia atau lansia menjadi sasaran prioritas dalam vaksinasi Covid-19 lanjutan tahap pertama di Indonesia. Target lansia ini adalah yang berusia 60 tahun ke atas. Untuk melakukan vaksinasi, lansia bisa mendaftarkan diri dengan mengisi formulir online.

Mengutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mendaftarkan diri, yaitu;

1. Vaksinasi di Fasilitas Kesehatan

- Peserta dapat mendaftar secara online dengan mengunjungi situs resmi Kemenkes www.kemkes.go.id, sehatnegeriku.kemenkes.go.id, atau situs resmi KPCPEN covid19.go.id. Di dalamnya terdapat daftar tautan yang dapat dipilih sesuai lokasi tinggal. Silakan jawab pertanyaan dalam pengisian data. Peserta juga dapat meminta bantuan anggota keluarga atau pengurus RT/RW setempat bila merasa kesulitan.

- Seluruh data peserta akan masuk ke Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota.

- Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota menentukan jadwal serta lokasi vaksinasi.

- Peserta melakukan vaksinasi.

2. Vaksinasi massal oleh organisasi

Pendaftaran vaksinasi lansia juga dapat dilakukan dengan naungan organisai atau instansi dengan cara:

- Kerjasama dengan Kemenkes

Vaksinasi bisa dilaksanakan oleh organisasi atau instansi yang bekerja sama dengan Kemenkes dan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Adapun organisasi atau instansi yang dapat bekerja sama, yaitu Instansi kementerian atau lembaga, organisasi keagamaan, atau organisasi kemasyarakatan.

- Organisasi atau instansi tersebut melakukan pendaftaran terhadap peserta yang berada di daerah mereka masing-masing.

- Organisasi atau institusi tersebut akan menginformasikan jadwal serta lokasi pelaksanaan vaksinasi massal kepada peserta.

- Peserta melakukan vaksinasi Covid-19

Sumber: tempo.co