HETANEWS.com Meditasi adalah metode pemusatan pikiran dan perasaan untuk mencapai kedamaian dan keadaan tenang pikiran.

Meditasi yang sehat adalah teknik meditasi yang dapat dilakukan oleh setiap orang, terlepas dari keyakinan agamanya. 

Dilansir dari laman Charitas Hospital, latihan meditasi ini bertujuan untuk memperkuat pikiran melalui konsentrasi, sehingga pikiran menjadi lebih harmonis dan tertata. Meditasi juga dapat mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, kesedihan, depresi, dan keputusasaan yang tidak dapat dihindari oleh sifat manusia. 

Bagi Anda yang memiliki masalah kecemasan, kekhawatiran, kegelisahan, keputusasaan, kesedihan, dan masalah psikologis lainnya dapat melakukan meditasi untuk mengatasi masalah tersebut.

Selain itu, meditasi juga dapat dilakukan bagi orang yang memiliki masalah kesehatan fisik dan mengharapkan kedamaian, pemulihan, dan kehidupan yang lebih sehat. Bagi mereka yang dalam keadaan sehat, menginginkan kedamaian batin, kedamaian batin, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan juga dapat melakukan meditasi. 

Dilansir dari laman Mindful.org, berikut cara melakukan meditasi:

  1. Duduk di tempat yang nyaman, tenang, dan sunyi.
  2. Tetapkan batas waktu untuk bermeditasi. Bagi Anda yang baru memulai untuk melakukan meditasi, sebaiknya ambil waktu yang singkat sekitar 5-10 menit.
  3. Cari posisi duduk yang nyaman dan stabil. Anda dapat duduk di kursi atau di lantai. Kemudian pejamkan mata Anda.
  4. Atur napas dan rasakan napas yang Anda hirup dan hembuskan.
  5. Fokuskan pikiran pada napas Anda untuk membuat Anda tenang. Anda juga dapat menyalakan musik yang tenang dan menggunakan aromaterapi untuk meningkatkan meditasi Anda.
  6. Setelah selesai, buka perlahan mata Anda dan bernafaslah dengan tenang. 

Saat melakukan meditasi, pastikan Anda ada pada posisi yang nyaman dan gunakan pakaian yang nyaman pula. Ada baiknya Anda menyisihkan waktu rutin untuk melakukan meditasi.

Sumber: Tempo.co