HETANEWS..com - Asam lambung tidak akan sembuh jika makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari masih sembarangan. Oleh sebab itu, penderita asam lambung harus mengenali jenis makanan dan minuman yang menjadi pantangannya.

Mengenai jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari akan dijelaskan oleh dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP.

Dilansir PortalJember.com dari unggahan di kanal YouTube VDVC health , berikut ini makanan dan minuman yang harus dihindari penderita asam lambung.

1. Kopi, Ada beberapa orang yang sangat sensitif ketika meminum kopi, sehingga membuat asam lambungnya langsung naik, terlebih kopi yang diminum terlalu pekat.

2. Makanan Asin, Bagi orang-orang yang lambungnya bermasalah, makanan asin sebisa mungkin dihindari, karena dapat meningkatkan asam lambung.

3. Makanan Pedas, Makanan pedas seperti sambal juga dapat memicu asam lambung naik, sehingga perut akan terasa perih jika memakannya.

4. Jeruk, Jeruk merupakan jenis makanan yang banyak mengandung asam, jika dimakan sudah pasti dapat mengakibatkan asam lambung naik.

5.Cokelat, Cokelat yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan pengosongan lambung jadi terhambat dan mengakibatkan asam lambung.

6. Keju, Keju menyebabkan kelep yang berada di antara lambung dan kerongkongan melemah, sehingga memicu asam lambung naik.

7. Gorengan, Minyak yang tertimbun didalam gorengan juga dapat menyebabkan pengosongan didalam lambung jadi lambat, sehingga menyebabkan asam lambung naik.

8. Roti Tawar, Di Dalam roti tawar terdapat ragi yang ketika dikonsumsi dapat berubah menjadi gas. Sebagian orang ada yang sakit lambungnya dikarenakan gas didalam tubuhnya berlebihan.

Sehingga ketika mengkonsumsi roti tawar akan menyebabkan gejala kembung, cepat kenyang, dan mual-mual.

9. Daging Merah, Di Dalam makanan berger misalnya, terdapat daging merah yang mengandung banyak lemak sehingga dapat menyebabkan asam lambung naik.Itulah tadi penjelasan dr. Ari Fahrial Syam makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung.