SIANTAR, hetanews.com - Pelaksanaan vaksinasi dosis ke II yang diselenggarakan PT Sumatra Tobacco Trading Company (PT STTC) bersama Polres P. Siantar dan Dinkes Pemko Pematangsiantar bagi 2.000 warga Pematangsiantar pada Jumat (19/11/21)  berjalan tertib dan lancar.

Kegiatan vaksinasi yang digelar di Gedung Olah Raga (GOR) PT STTC Jalan Aman (Lau Cimba) Kota Pematangsiantar itu diselenggarakan oleh Direktur PT STTC, Edwin Bingei Purba Siboro diwakili putranya, Alvin Bingei Purba Siboro.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Pematangsiatar, H.Hefriansyah,Ketua PN kota P. Siantar A Hadi SH, MH, Kapolres Pematangsiantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar, Dandenpom  I/1 Siantar, Mayor CPM Binson Simbolon SH.MH, mewakili Dandim 0207/Simalungun Mayor inf. F A Sidauruk, mewakili Danrem 022/Pantai Timur,Kasi Ops Mayor inf. Denny R, Humas PT STTC, Erdy Wienata dan dr Chairul, dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pematangsiantar.

"Kita sangat mengapresiasi kegiatan ini pada PT STTC yang sudah membantu percepatan vaksinasi sesuai dengan program pemerintah," ujar Wali Kota Pematangsiantar, H.Hefriansyah kepada wartawan di sela-sela kegiatan vaksinasi di GOR milik PT STTC, Jalan Aman (Lau Cimba) Kota Pematangsiantar, Jumat (19/11/21). 

Wali Kota Siantar menjelaskan, kegiatan vaksinasi massal di Kota Pematangsiantar sampai sekarang masih terus dikebut. Seperti yang terjadi saat ini, kolaborasi antara Pemerintah Kota Pematangsiantar, Polri/TNI serta PT STTC. Apalagi, sampai saat ini, target vaksinasi di Siantar telah mencapai 75 persen. 

"Hanya saja, vaksinasi pada lansia masih berada di 56 persen dari target yang ditentukan yakni 60 persen. Ini akan terus kita genjot, agar Kota Pematangsiantar dalam penerapan PPKM nantinya berada di level 1," ujar Hefriansyah. 

Hefriansyah juga sangat berharap agar pendistribusian vaksin dari pemerintah ke daerah termasuk ke Pematangsiantar berjalan lancar tanpa kendala, agar jumlah warga penerima vaksin dapat mencapai target. 

"Jika target pada lansia juga tercapai, InsyaAllah, Kota Pematangsiantar akan berada di level 1 (zona hijau) untuk PPKM," tukasnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota juga menyampaikan apresiasinya kepada PT STTC karena telah menyediakan tempat yang nyaman dan sejuk bagi warga yang datang untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis ke II. 

Menurutnya, suasana yang nyaman, akses mudah, dan penerapan protokol kesehatan yang ketat membuat peserta vaksin semakin tertarik untuk segera mendapatkan vaksinasi.

"Saya ucapkan terima kasih, ini merupakan rangkaian kerjasama secara totalitas antara semua pihak-pihak. Tanpa dukungan semua pihak kegiatan ini tidak mungkin bisa dilaksanakan,” tutup Hefriansyah.

Pada kesempatan yang sama Kapolres Pematangsiantar, AKBP Boy Sutan Binanga Siregar menyampaikan apresiasinya kepada pihak PT STTC yang telah membantu pemerintah melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi 2.000 warga Kota Pematangsiantar.

Dia juga mengimbau masyarakat yang sudah divaksin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam aktivitasnya setiap hari, terutama menjelang Natal pada Desember 2021 ini dan Tahun Baru pada Januari 2022, agar tidak terjadi lagi lonjakan kasus Covid-19 seperti yang lalu-lalu. 

“Kita mengimbau, walaupun kita sudah divaksin agar tetap menggunakan masker, menjaga jarak antara yang satu dengan yang lain, serta mencuci tangan pakai sabun. Protokol kesehatan ini harus tetap kita jaga dan jalankan setiap hari,” kata Kapolres Pematangsiantar itu.

“Apalagi menjelang Natal dan Tahun Baru ini, kita harus selalu mawas diri. Jangan sampai terjadi lagi lonjakan kasus Covid,” imbuhnya.

Pernyataan senada disampaikan Presiden Direktur PT STTC Edwin Bingei Purba Siboro, yang diwakili oleh Direktur Muda PT. STTC Alvin Bingei Purba Siboro, agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan sebagaimana imbauan pemerintah.

“Yang kita laksanakan hari ini adalah vaksinasi untuk dosis yang kedua. Dimana vaksinasi dosis pertama sudah kita laksanakan sekitar empat minggu lalu di tempat ini juga. Jadi total warga yang divaksin ada 2.000 orang,” ujar Alvin Bingei kepada wartawan.

Demikian juga mengenai pencapaian target vaksinasi untuk 2.000 orang tersebut, sejauh ini kata Alvin Bingei sudah tercapai sebagaimana yang diharapkan.

“Kita juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pak Wali Kota Pematangasintar, pak Kapolres Pematangsiantar, Pak Danrem, Dandim, Dandenpom, Forkompimda kota P.Siantar dan khususnya Pak Kapolda Sumut yang telah bekerjasama dan mendukung terselenggaranya vanksinasi ini supaya sukses,” kata Alvin Bingei.

Antusias Warga Tetap Tinggi

Warga yang mengikuti vaksinasi sejak pagi terlihat sangat antusias untuk mendapatkan suntik vaksin dosis ke II. Warga yang berada di lokasi vaksinasi tersebut mengaku sangat nyaman, karena sebelum dan setelah menerima suntik vaksin, masyarakat diberikan suguhan minuman ringan produk PT STTC secara cuma-cuma.

Tak hanya itu, peserta vaksin juga diberi kesempatan mengikuti kuis memperebutkan tiket gratis menginap di hotel mewah Toba Beach Hotel (TBH) , Samosir. 

Selain itu, Direktur Muda PT STTC, Alvin Bingei Purba Siboro dalam kesempatan itu juga memberikan bingkisan berupa beras dan uang kasih sayang kepada sejumlah kelompok lanjut usia (lansia) yang ikut melakukan vaksinasi. 

"Tetap semangat, jaga kesehatan. Semoga Covid-19 cepat berlalu. Selalu pakai masker yah," ucapnya sembari menyapa sejumlah lansia yang ditemuinya pada kegiatan vaksinasi tahap kedua itu.

Alvin Bingei setiap menjumpai warga yang divaksin selalu berpesan, agar tetap menjalankan protokol kesehatan, dan harus selalu waspada terhadap penyebaran Covid-19. 

Melihat semangat para lansia yang ikut vaksinasi massal itu, Alvin Bingei sangat mengapresiasinya. Khususnya, para lansia penyandang disabilitas, Alvin meminta kepada panitia untuk memberikan pengecualian bagi mereka agar didahulukan mendapatkan nomor antrian dan harus didampingi saat pelaksanaan vaksin. 

Salah satu lansia, Lasma Sijabat (51) mengaku sangat senang mendapatkan pelayanan yang baik dari PT STTC sebagai panitia penyelenggara.

"Petugasnya semua sangat baik dan membantu kami, semoga acara vaksinasi ini dapat berjalan lancar. Setelah vaksin ini nanti pun tidak ada keluhan apa-apa, amin Tuhan,” ujarnya.

Lasma juga tak lupa mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya karena sudah dibantu oleh PT STTC dengan diberikannya sebuah kursi roda. Bukan itu saja, dia juga merasa senang masih dikasih beras serta uang kasih sayang yang langsung diserahkan Direktur PT STTC, Alvin Bingei Purba Siboro. 

Tak jauh beda dengan Ruspita (61). Warga Jalan Medan ini mengaku senang bisa melakukan vaksin pada saat itu. Sebelumnya, ada rasa kekhawatiran jika melakukan vaksinasi yang mengumpulkan orang banyak. Ia takut terjadi penumpukan masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin. 

"Tapi kenyataannya tidak demikian. Meskipun masyarakat yang hadir sangat banyak tetapi tertib berdasarkan nomor antrian dan mengikuti arahan panitia yang ada di lapangan agar tidak terjadi penumpukan," tutur Ruspita yang berjalan harus dibantu oleh sebuah tongkat. 

"Protokol kesehatan benar-benar terjaga dengan baik. Apalagi, tempat lansia berbeda dengan masyarakat umum lainnya. Terimakasih buat panitia PT. STTC," katanya dengan tersenyum.