SIMALUNGUN, HETANEWS.com - Upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba yang saat ini sudah sampai hingga pelosok, BNN Kabupaten Simalungun mencanangkan program Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) di dua Kelurahan di Kecamatan Girsang Sipanganbolon Kabupaten Simalungun.

Program Kelurahan Bersinar ini diutarakan oleh KaBNN Simalungun Kompol Suhanna Sinaga di lokasi acara pencanangan dan peninjauan posko Kelurahan Bersinar, kelurahan Parapat dan Tigaraja yang dihadiri Forkopimda Kab Simalungun dan jajarannya di Atsari Hotel Parapat, Kamis (18/11/2021).

Suhana Sinaga menyampaikan berdasarkan perolehan data BNN bahwa tidak ada satupun Desa atau Kelurahan di Indonesia yang terbebas dari penyalahgunaan Narkoba, maka diperlukan ketahanan yang kuat dari keluarga dalam menangani narkoba sebagai garda terdepan untuk mewujudkan Indonesia yang bersih dari penyalahgunaan narkoba melalui penguatan Sumber daya Desa atau Kelurahan.

Baca juga: Asyik Pesta Ganja di Atas Kapal di Danau Toba, 11 Pria Diringkus BNN Simalungun

"Untuk itu diperlukan dukungan dan komitmen serta sinergitas dari pemerintah pusat hingga daerah ke tingkat Desa dan Kelurahan untuk mewujudkan ketahanan keluarga anti narkoba, tentunya dengan profesionalisme, integritas dan komitmen serta kerjasama seluruh pemangku kepentingan," ujar Suhana.

Menurut Suhana Kegiatan pencanangan ini merupakan awal dari program Kelurahan Bersinar yang Kedepannya akan berlanjut dengan program Pemberdayaan Masyarakat untuk membantu masyarakat yang terdampak Narkoba, agar Kelurahan Parapat dan Kelurahan Tiga Raja terhindar dari jerat narkoba, kriminalitas dan permasalahan ekonomi.

Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto SH, SIK, MH melalui Kasatres Narkoba AKP Ady Haryono SIK mengapresiasi pencanangan kelurahan Bersinar yang di prakarsai oleh BNN dan semua pihak yang terlibat didalamnya.

"Kita apresiasi Pencanangan kelurahan Bersinar ini dalam rangka menekan angka peredaran dan penyalahgunaan narkoba, sekarang selain pandemi covid, penyalahgunaan narkoba juga terus terjadi dan berdampak luas sehingga mengakibatkan rusaknya generasi penerus bangsa,

maka melalui usaha pencegahan harus terus dilakukan dengan kerjasama berbagai stakeholder dari tingkat atas hingga ke lapisan bawah sehingga pencegahan ini bisa berjalan dengan maksimal," Ujar Ady Haryono.

Kegiatan pencanangan kelurahan Bersinar ini di tandai dengan kunjungan Forkopimda dan peserta kegiatan di salah satu posko Kelurahan Bersinar Tigaraja. 

Baca juga: BNNK Bantah Melepas Terduga Pelaku Setelah Ditangkap Di Kapal Tigaraja