HETANEWS.com - Mendapatkan pelayanan maksimal selama perjalanan liburan wisata, pemandu wisata atau Tour Guide menjadi pilihan yang harus disuguhkan sebagai pelengkap paket wisata oleh kepala rombongan atau penanggung jawab perjalanan wisatawan untuk menikmati secara menyeluruh rangkaian tournya.

Ketika liburan dan berwisata sudah direncanakan kadang ada saja kebingungan ketika sampai di lokasi, aktivitas apa saja yang akan dilakukan, maka saat wisatawan dalam posisi tersebut, tentunya jasa pemandu wisata yang harus dicari dan dibutuhkan.

Kenapa tidak, demi kepuasaan tamu pemandu wisata harus bisa menyampaikan informasi seperti customer service, baik penjelasan dan petunjuk tentang objek wisata serta menghandle segala keperluan wisatawan selama melakukan perjalanan wisata dengan sabar.

Seorang Pemandu wisata haruslah memiliki referensi informasi yang digali dari berbagai sumber yang benar dan relevan sehingga dapat dipercaya dan berkualitas memberikan manfaat sebagaimana diharapkan wisatawan.

Pemandu wisata juga bisa dikategorikan sebagai google bergerak sang wisatawan, selain sumber informasi yang memahami lokasi tujuan, menjelaskan fakta, sejarah, cerita, tokoh, adat istiadat setempat, letak geografis dan penduduk setempat dan kebutuhan wisatawan termasuk hotel, objek wisata, kuliner dan hiburan.

Tak jarang profesi pemandu wisata dituntut memiliki keterampilan teknis seperti berenang, hiking, P3K, hingga keterampilan berbahasa asing bahkan sesekali sebagai pelawak.

Kebersamaan Sang Pemandu dengan wisatawan

Memulai kebersamaan dengan wisatawan, Pemandu lebih awal harus tiba dilokasi yang tentukan oleh wisatawan di sebuah tempat penjemputan.

Menyambut wisatawan dengan ramah sang pemandu memperkenalkan diri, sembari mengecek jumlah peserta dan barang bawaan wisatawan, pemandu di dengan sigap dan teliti memastikan semua sudah lengkap dan terdata.

Memulai perjalanan menuju Destinasi, pemandu yang berdiri di tengah wisatawan dalam sebuah bus atau mobil, dengan wajah senyum dan semangat menjelaskan program tour sekaligus waktu, tempat dan tujuan baik hotel, restoran.

Dengan logat khas dan tatapan merata kepada semua wisatawan, pemandu harus menjaga tutur kata dan gaya bahasa selain pakaian yang rapi dan wanginya badan, pemandu harus bisa membaca situasi tamu dalam kendaraan, sesekali disuguhkan joke atau lelucon membuat suasana hangat sekaligus mempersilahkan wisatawan memberi tanggapan terhadap apa yang disampaikan.

Sembari kendaraan melaju, komat Kamit pemandu di tuntut memberi info dari hal yang terlihat sepintas dari dalam kendaraan, baik gedung, tempat bersejarah dengan gaya kocak yang membuat pendengar ikut merasakan suasana yang diceritakan.

Pemandu harus bisa bertindak sebagai pelayan restoran dan hotel ataupun pelayan di tempat wisata lainnya agar wisatawan merasakan kenyamanan saat berwisata.

Tak jarang saat di hotel pemandu berfungsi sebagai perpanjangan tangan informasi reception kepada tamunya, termasuk fasilitas hotel, nomor kamar, dan selalu setia menunggu hingga tamu istrahat, sedangkan di restoran pemandu harus bisa menjelaskan menu yang dipesan. Sama halnya di tempat wisata pemandu harus berkisah dilokasi demi kenyamanan wisatawan.

Semua informasi, keamanan dan keselamatan wisatawan merupakan tanggung jawab pemandu hingga akhir kebersamaan dalam sebuah tour dilaksanakan.

Bekerja sambil berlibur

Jalan-jalan dibayarin, atau kerja sambil jalan-jalan memang menjadi pekerjaan favorit baru bagi kaum milenial saat ini.

Menjadi pemandu wisata merupakan salah satu kegiatan asyik disamping bekerja untuk menghasilkan pundi pundi rupiah sekaligus bisa menikmati liburan di berbagai tempat wisata.

Sebagai pemandu wisata, kita bisa mendapat banyak pengalaman berharga setiap saatnya. Selain menikmati pemandangan yang indah, bertemu dengan orang-orang baru, dan mengenal berbagai daerah dan adat istiadat, juga bisa merancang petualangan seru yang bisa dinikmati bersama wisatawan.

Jika ingin bepergian ke lokasi unik dan menarik di Kawasan Danau Toba, hubungi Latosu Holidays - 085276075316.