HETANEWS.com - Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya, mengatakan banjir yang terjadi kali ini di sejumlah lokasi di Kabupaten Serdang Bedagai disebabkan oleh aliran sungai yang menyempit dan pendangkalan sehingga daya tampung air berkurang drastis.

"Selain faktor itu juga ditambah dengan curah hujan yang sangat tinggi akibat cuaca ekstrem," katanya di Sei Rampah, Rabu (17/11/2021).

Akumulasi dari faktor-faktor tersebut, jelas Bupati, menjadi sumber penyebab bencana banjir yang cukup besar tahun ini.

Meskipun demikian permasalahan banjir merupakan tantangan yang tiap tahun rutin dihadapi oleh masyarakat Sergai.

Karena hal itu, ia mengatakan diperlukan koordinasi lintas lini untuk mencari solusi terbaik bagi penyelesaian masalah banjir tahun ini, salah satunya lewat normalisasi sungai.

"Alhamdulillah, Pemprov akan melaksanakan koordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) atau Kementerian PUPR untuk meremukkan masalah banjir ini dan mencari solusi terbaik. Sungai Sei Rampah ini rencananya akan dikeruk agar menormalkan kembali debit aliran air," katanya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, meninjau banjir yang terjadi di Serdang Bedagai.

Pada kesempatan itu dia mengatakan banjir kali ini tergolong lebih parah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Hal ini akibat cuaca yang makin ekstrem. Bagaimanapun kita harus bersiap. Kita akan kaji langkah apa saja yang harus diambil agar banjir ini tidak menjadi masalah berlarut-larut lagi," katanya.

Sumber: Antara