HETANEWS.com - Bau badan merupakan masalah yang sering dialami oleh sebagian orang. Tentu saja bau badan membuat penderitanya menjadi tidak percaya diri, bahkan kadang menjadi minder saat berjumpa dengan orang lain.

Namun tahukah kamu, ternyata ada beberapa jenis makanan yang tanpa kita sadari menjadi penyebab timbulnya masalah bau badan.

Dilansir MapayBandung.com dari kanal Youtube dr. Saddam Ismail pada Jumat 12 November 2021, berikut ini beberapa jenis makanan yang menjadi sumber penyebab bau badan menurut dr. Saddam Ismail.

"Bau badan memang dipengaruhi oleh keringat yang dikeluarkan dari tubuh kita, tetapi biasanya keringat baunya tidak begitu menyengat. Namun senadainya saat berkeringat dan mengenai bakteri yang terdapat permukaan kulit maka ini yang menjadi penyebab bau badan,” kata dr. Saddam Ismail.

dr. Saddam Ismail menerangkan jenis-jenis makanan yang menjadi penyebab bau badan di antaranya:

1. Makanan Laut atau Seafood

Beberapa makanan laut atau seafood bisa mempengaruhi aroma pada badan, dan bisa memicu timbulnya bau badan yang menyengat. Tetapi hal ini tidak terjadi kepada setiap orang hanya beberapa saja. Biasanya ini terjadi pada orang-orang yang memiliki gangguan metabolisme Trimetilaminuria.

Trimetilaminuria adalah kondisi dimana seseorang tidak dapat mencerna makanan seafood dengan baik, akhirnya mempengaruhi aroma pada tubuhnya.

2. Bawang Putih

Bawang putih yang mempunyai banyak manfaat namun ternyata bawang putih juga bisa mempengaruhi bau badan.Karena zat Allicin yang terkandung dalam bawang putih, walaupun zat tersebut bagus untuk kesehatan namun ternyata zat tersebut juga memicu timbulnya bau badan pada tubuh.

3. Bawang Bombay

Bawang Bombay sama halnya dengan bawang putih, walau mempunyai khasiat yang bagus untuk kesehatan tapi bawang Bombay juga mempengaruhi bau badan pada tubuh.

Hal ini dikarenakan kandungan sulfur pada bawang Bombay, sehingga ketika makan bawang Bombay secara berlebihan maka sulfur yang terdapat pada bawang Bombay bisa menyebabkan bau badan pada tubuh.

4. Makanan Pedas

Makanan pedas ternyata bisa memicu timbulnya bau badan, karena makanan pedas mempengaruhi metabolisme, sehingga membuat keringat dan memicu bau badan.

5. Daging Merah

Daging merah bisa menimbulkan bau badan bagi sebagian orang jika dikonsumsi secara berlebihan.

Hal ini tidak terlepas dari banyaknya kandungan lemak dalam daging merah yang bisa menyebabkan timbulnya bau badan

6. Makanan dengan Kandungan Sulfur

Makanan dengan kandungan sulfur seperti kembang kol, brokoli, kol, ataupun makanan lainnya yang mengandung sulfur bis memicu timbulnya bau badan.Karena kandungan sulfur yang terdapat dari makan tersebut yang diserap oleh tubuh, kemudian akan mempengaruhi jumlah keringat yang keluar pada tubuh.

7. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan bisa memicu timbulnya bau badan, karena alkohol saat dalam tubuh akan diserap kemudian menjadi asetat.

Jika kandungan asetat terlalu tinggi, ini bisa memicu timbulnya bau badan.

Kemudian dengan rutin mengkonsumsi alkohol bisa mempengaruhi bakteri baik dalam mulut yang kemudian memicu terjadinya bau mulut.

Itulah beberapa jenis makanan yang menjadi penyebab timbulnya bau badan. Semoga bermanfaat.