MEDAN, HETANEWS.com - Banjir yang melanda Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) selama dua minggu terakhir semakin meluas. Total empat kecamatan dan ribuan rumah warga terendam air.

Kepala BPBD Sergai Henri Suharto mengatakan empat kecamatan yang terendam banjir yakni Kecamatan Tebingtinggi, Kecamatan Sipis-pis, Kecamatan Tanjung Beringin, dan Kecamatan Sei Rampah. Dari empat kecamatan tersebut sedikitnya 5.600 rumah warga terkena dampaknya.

"Dari empat kecamatan itu, sebanyak 5600 rumah sudah terendam banjir," kata Henri, Rabu (10/11/2021).

Sementara itu, Camat Sei Rampah, Rahmat Suhendra Damanik mengatakan total rumah yang terendam air di kawasan tersebut sebanyak 1.800 rumah. Jumlah ini bertambah dari hari sebelumnya yang tercatat sebanyak 1052 rumah terendam banjir.

"Sekarang kami mengevakuasi warga yang masih berada di rumah untuk dipindahkan ke posko penampungan yang sudah didirikan," ucapnya.

Rahmat juga mengatakan sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Sergai untuk mendirikan pos kesehatan. Saat ini seluruh logistik yang dibutuhkan warga dipastikan aman.

Untuk kesehatan warga, Rahmat menambahkan Pemkab Sergai setiap hari melakukan pengecekan kepada setiap-tiap warga yang rumahnya terendam banjir.

"Kami kontrol setiap hari, dan ada mobil puskesmas yang keliling, dan untuk bahan baku makanan," ucapnya.

Sumber: inews.id