JAKARTA, HETANEWS.com - Gelandang serang Arsenal, Emile Smith Rowe, 21 tahun, akhirnya mendapatkan panggilan pertamanya ke timnas Inggris senior.

Dia telah bergabung dengan skuad asuhan Gareth Southgate di St George's Park pada Senin, menjelang Kualifikasi Piala Dunia melawan Albania dan San Marino.

Rowe semula ditetapkan untuk bergabung dengan Inggris U-21, tetapi kemudian ditarik ke tim senior setelah Marcus Rashford, James Ward-Prowse, Mason Mount, dan Luke Shaw tidak melapor untuk tugas internasional.

Rashford akan tetap bersama Manchester United untuk berkonsentrasi mendapatkan kembali kebugarannya secara penuh.

Sementara, Shaw menjalani protokol gegar otak di klub, setelah benturan yang dialaminya pada laga terakhir melawan Manchester City akhir pekan lalu.

Ward-Prowse dikesampingkan karena sakit. Sedangkan, Mason akan terlambat bergabung ke timnas Inggris karena operasi gigi yang baru-baru ini dijalaninya.

Southgate memulai persiapan untuk dua laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia ini dengan 22 pemain. Pelatih timnas Inggris itu akhirnya memanggil Rowe karena penampilannya yang mengesankan bersama klubnya.

Dia telah tampil di semua pertandingan Liga Inggris musim ini dan telah mencetak gol di tiga pertandingan terakhir.

Terbaru, dia mencetak gol kemenangan saat Arsenal mengalahkan Watford 1-0 pada hari Minggu. Setelah pertandingan itu, Rowe sempat menyinggung soal dia dilewatkan dari pemanggilan awal dari skuad Inggris.

Dia berbicara keapda Sky Sports: "Penting bagi saya untuk tetap menundukkan kepala dan terus bekerja keras. Saya senang dengan siapa pun yang dipanggil."

Namun, kini dia akhirnya bergabung ke timnas Inggris untuk dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 bersama rekan setimnya di Arsenal, Bukayo Saka dan Aaron Ramsdale.

Sebelumnya, bos Arsenal, Mikel Arteta, mengungkapkan keyakinannya bahwa pemanggilan Emile Smith Rowe ke timnas Inggris hanya masalah waktu.

Dia menilai gelandangnya itu layah berada di skuad Gareth Southgate. Ternyata, pemain berusia 21 tahun itu tak perlu lebih lama lagi menunggu.

Sumber: tempo.co