MOJOKERTO - TNI-Polri-Pemda menerapkan berbagai strategi dalam penanganan Covid-19 di wilayah Mojokerto Raya guna mengejar cakupan vaksinasi di semua kalangan. Salah satunya melalui layanan vaksinasi keliling desa yang dilakukan para Nakes dengan didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Perangkat Desa.

Seperti yang dilakukan Koramil 0815/16 Pacet Kodim 0815/Mojokerto yang tak hanya menerjunakan para Babinsa namun Para Bati Staf Koramil pun dikerahkan mendampingi para Nakes untuk jemput bola dalam layanan vaksinasi Covid-19, khususnya Lansia.

Salahsatunya di Desa Candiwatu layanan vaksinasi yang dilakukan Nakes PKM Pandan bersama Bati Tuud Koramil Pacet dan Kades Candiwatu, Andik Yulianto, S. Pd.I., beserta Perangkat Desa.

Bati Tuud Koramil Pacet Pelda Imam Mustofa menuturkan, layanan vaksinasi secara door to door khusus Lansia ini menggunakan vaksin Pfizer dosis satu dan Sinovac dosis dua. Vaksinasi dilakukan di enam dusun yang diawali dari Dusun Candi, Wonokoyo, Sumberwatu, Terong Malang, Sumber Bendo dan Dusun Watu Tulang.  

”Dari hasil penyisiran tersebut, para Nakes UPT Puskesmas Pandan berhasil menyuntikan vaksin untuk Lansia sebanyak 41 dosis dengan rincian dosis satu 35 dosis dan dosis dua 7 dosis”, ungkapnya.

Masih di wilayah Pacet, layanan vaksinasi bagi Lansia juga berlangsung di Desa Nogosari dan berhasil memvaksin 30 dosis, dengan rincian dosis satu 23 dosis dan dosis dua 7 dosis. Kemudian di Desa Kembang Belor menyasar 43 Lansia yang tersebar di Dusun Kembang dan Dusun Paras.  

Selain vaksinasi keliling bagi Lansia, layanan vaksin untuk masyarakat dan pelajar juga berlangsung di Balai Desa Kemiri dengan sasaran warga dan siswa SDN 1 Kemiri. Layanan vaksin di lokasi ini, para Nakes UPT PKM Pacet  berhasil menyuntikan vaksin sinovac sebanyak 134 dosis dengan rincian dosis satu 107 dosis dan dosis dua 24 dosis.

Pada kesempatan berbeda, Danramil 0815/16 Pacet Kapten Inf Caj M. Luthfi Anam, menuturkan, untuk memaksimalkan cakupan vaksinasi bagi Lansia, pihak TNI (Koramil), Polsek dan Kecamatan bekerjasama dengan UPT PKM Pacet dan PKM Pandan melakukan jemput bola dengan door to door.

”Hal ini untuk memudahkan vaskinasi bagi Lansia”, tuturnya, Senin (08/11/2021).    

Pantauan di lapangan, untuk capaian vaksinasi Lansia hari ini di wilayah Kecamatan Pacet mencapai 131 dosis, dengan rincian 83 dosis di wilayah kerja UPT Puskesmas Pandan dan 48 dosis di wilayah kerja UPT Puskesmas Pacet.