SIANTAR, HETANEWS.com - Walikota Siantar mengeluarkan Surat Edaran [SE] mewajibkan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi di seluruh instansi di lingkungan Pemerintah Kota Siantar.

Pegawai maupun pengunjung yang datang diwajibkan melakukan skrining QR Code platform Peduli Lindungi.

Dikutip dari Surat Edaran Nomor 800/5262/X/2021 yang dikeluarkan pada 18 Oktober 2021, penerapan itu guna menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo tentang penguatan protokol kesehatan di sektor-sektor non esensial.

Untuk itu diharapkan para Kepala OPD dapat melakukan skrinning (pemeriksaan) terhadap semua pegawai dan pengunjung yang masuk ke lingkungan instansi masing-masing.

Penerapan scan digital code (QR Code) yang terintegrasi dengan platform PeduliLindungi sebagai sarana untuk melakukan pemeriksaan dan pemantauan jumlah pegawai dan pengunjung dalam kantor.

Adapun QR Code tersebut diperoleh sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan.

Tak hanya itu, bagi pegawai yang hendak melakukan perjalanan dinas juga harus memenuhi berbagai syarat tertentu selama masa pemberlakuan PPKM, diantara;

a. Pelaksanaan perjalanan dinas dilakukan secara selektif, akuntabel, dan penuh kehati-hatian sesuai tingkat urgensi dilaksanakannya perjalanan dinas;

b. Memperhatikan kebijakan perjalanan orang pada masa PPKM dengan menyesuaikan pada kriteria level PPKM di wilayah asal dan/atau tujuan perjalanan dinas;

c. Memperoleh Surat Tugas yang ditandatangani oleh minimal Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II) atau Kepala Kantor Satuan.