MEDAN, HETANEWS.com - H Farianda Putra Sinik terpilih sebagai Ketua PWI Sumut dan M Syahrir terpilih sebagai Ketua DKP (Dewan Kehormatan Propinsi) PWI Sumut periode 2021-2026.

Keduanya terpilih melalui Konferensi PWI Sumut, Sabtu (23/10), di Hotel Garuda Plaza Medan.

Dari 512 suara, Farianda (Harian Medan Pos) mendapat dukungan 327 suara, sedangkan H Hermansjah (incumbent) dari Harian Analisa hanya mendapat 189 suara.

Untuk M Syahrir (Harian Realitas) memperoleh 335 suara dan pesaingnya Dedi Syahputra (Waspada) hanya memperoleh 180 suara. 

Dari perolehan angka tersebut, jika kedua pemimpin itu menang telak dari lawannya masing masing.

Dengan kemenangan tersebut, Farianda berucap syukur sambil menitikkan air mata bahagia disambut semua pendukung dan juga keluarga.

Keduanya telah ditetapkan sebagai Ketua PWI Sumut terpilih periode 2021-2026 oleh Ketua PWI Pusat Atal Depari. 

Farianda yang juga sebagai Ketua Serikat Perusahaan Pers ini telah mendapatkan banyak prestasi.

Diantaranya Sumut mendapatkan penghargaan terbaik SPS di Indonesia berturut turut selama 5 tahun.

"Dukungan penuh kepada Farianda oleh seluruh Wartawan Sumut yang tergabung dalam PWI karena menginginkan perubahan untuk organisasi tertua di Indonesia tersebut," kata Agus Lubis Pemred disalah satu harian di Medan.

Farianda dalam visi dan misinya berjanji akan menjalankan roda organisasi dengan baik. Serta kemudian menjadikan Gedung PWI Sumut sebagai rumah besar wartawan.

"Semua bidang-bidang organisasi akan kita fungsikan. Kita juga akan mendirikan sekolah jurnalistik sebagai upaya peningkatan kualitas wartawan,” ujar Farianda Putra Sinik.

Sebelumnya pimpinan sidang dari PWI Pusat, Zulkifli Oto, mengatakan, jumlah angggota pemilih tetap (DPT) PWI Sumut 523 orang.

Hadir dalam konferensi maupun yang tidak hadir, namun menyerahkan mandatnya kepada pemegang mandat dan telah memberikan suaranya berjumlah 515 suara. 

Penetapan Ketua PWI Terpilih 2021-2026 ditandai dengan penyerahan Pataka kepada Farianda Putra Sinik oleh Ketum PWI Pusat Atal Depari disaksikan Hermansyah (mantan ketua PWI 2016-2021).