Hetanews.com - Sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diberlakukan, anak-anak usia di bawah 12 tahun tidak diperbolehkan melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara.

Namun, mengingat saat ini kasus Covid-19 di Sumatra Utara (Sumut) telah menurun, serta tidak ada lagi zona merah penyebaran Covid-19, pihak PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, akhirnya memperbolehkan anak di bawah 12 tahun untuk terbang.

Hal ini disampaikan oleh Manager of Branch Communication & Legal Bandara Kualanamu, Chandra Gumilar pada Jumat (22/10).

Namun meski sudah diperbolehkan melakukan perjalanan dengan pesawat, penumpang anak-anak tetap harus memenuhi syarat-syarat yang sudah di tetapkan pihak bandara.

  • Wajib Tes PCR dan Tak Perlu Sertifikat Vaksin

Chandra mengatakan, anak-anak di bawah 12 tahun yang akan melakukan penerbangan wajib melakukan tes reverse transcription polymerase chain reaction (RT-PCR) sesuai aturan bandara yang dituju. Dengan tidak perlu menunjukkan sertifika vaksinasi Covid-19.

"Anak di bawah 12 tahun tidak perlu menunjukkan sertifikat vaksin saat terbang. Persyaratannya itu semua selaras dengan surat Edaran (SE) Kementrian Perhubungan (Kemenhub) nomor 88 tahun 2021 yang berlaku mulai 24 Oktober," ujar Candra.

Saat pemeriksaan, orang tua juga harus mendampingi dan membawa kartu keluarga serta memastikan anak yang dibawa untuk terbang dalam kondisi sehat.

  • Upaya Turunkan Level PPKM

Sementara itu, meski saat ini aktivitas dan mobilitas masyarakat sudah mulai dilonggarkan, namun upaya terus dilakukan untuk bisa menurunkan level PPKM menjadi level 1.

Terbaru, sebanyak 4.301 orang di Sumut mengikuti vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh Akabri angkatan 1999.

"Total vaksinasi yang dilakukan Akabri angkatan 99 sebanyak 4.301 orang, dan paket bahan pokok yang didistribusikan sebanyak 1.801 orang," ungkap Dandim 0201/Medan, Kol Inf Agus Setiandarnya pada Kamis (21/10).

Dari jumlah total vaksinasi itu, di antaranya pemberian vaksin kepada 2.301 orang di Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang dan masyarakat di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.

sumber: merdeka.com