Madina, hetanews.com - Nasib pilu dialami oleh seorang bocah berumur tiga tahun penderita tumor di Ranjo Batu, Kecamatan Muara Sipongi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatra Utara (Sumut). Pasalnya, di saat kondisinya sangat butuh perawatan, orang tua bocah ini justru tak memilik biaya untuk berobat.

Kisah bocah bernama Rafa Al Aska ini diunggah oleh akun Instagram @medanheadlines.news pada Rabu (20/10).

Rafa, diketahui menderita penyakit tumor usus dan kini berada di Rumah Sakit Adam Malik, Kota Medan, sejak lima bulan lalu.

Namun, saat ini orang tua bocah ini mengalami kesulitan untuk melanjutkan pengobatan anaknya karena tak memiliki biaya.

Orang tua Rafa mengaku tak punya biaya untuk membiayai pengobatan sang anak. Di mana keduanya hanya sehari-harinya hanya bekerja sebagai buruh tani.

“Saya tidak tau harus melakukan apa,” ujar Ibu Rafa, dalam keterangan di unggahan itu.

Kondisi Rafa ini pun curi perhatian warganet. Berikut informasi selengkapnya.

  • Tak Bisa Lanjutkan Pengobatan

Dari unggahan itu, Ibu Rafa mengaku selama ini pengobatan sang anak di rumah sakit hanya mengandalkan BPJS. Ia dan suami pun hanya tinggal di rumah singgah Blessed Charity Sosial (BCS) Medan.

Saat ini, kondisi Rafa diketahui semakin melemah dan membutuhkan tindakan lebih lanjut. Namun karena tak ada biaya, Rafa tak bisa ditangani pasca operasi pertama, sehingga ususnya kini dikeluarkan ke dinding perut.

Ibu Rafa hanya bisa meminta kepada dokter untuk bisa membantu mengobati anaknya, namun Ia tak bisa berbuat banyak, mengingat kondisi finansialnya dan sang suami.

  • Warganet Bantu Agar Di-notice Pemerintah

Dalam unggahan itu, tampak foto yang memperliatkan kondisi Rafa yang tengah dirawat di rumah sakit.

Terlihat selang infus terpasang di tangannya, begitu juga selang yang terlihat terpasang di hidung bocah mungil ini.

Melihat kondisi Rafa itu, warganet pun banyak yang merasa iba. Di kolom komentar, warganet ramai-ramai menandai akun Instagram para pemerintah setempat, seperti Wali Kota Medan hingga Gubernur Sumut dan Wakil Gubernur Sumut, dengan harapan agar Rafa bisa mendapatkan perhatian dan bantuan dari pemerintah untuk melanjutkan pengobatannya.

"@edy_rahmayadi @musa_rajekshah @bobbynst @bungauliarachman Bantu rakyatmu ini pak," tulis akun @mhdfauzanaryet17.

"tolong pak untuk adik kita ini biar dapat penolongan dari pihak rumah sakit @bobbynst," tulis akun @okidwiandriannasution95.

"@edy_rahmayadi @bobbynst BANTU RAFA AL ASKA PAK," tulis akun @miaoucathousemedan.

"@edy_rahmayadi @musa_rajekshah @bobbynst @bungauliarachman bapak bapak yang terhormat anak ini butuh pertolongan kalian," tulis akun @sanger.panas.

sumber: merdeka.com